Share

Bersalawat: Menggugurkan Dosa, Meninggikan Derajat

Kemal Alimin, Jurnalis · Minggu 28 Juni 2020 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 330 2237623 bersalawat-menggugurkan-dosa-meninggikan-derajat-x7oYIKA0r8.jpg Ilustrasi bersalawat. (Foto: Shutterstock)
A A A

BERSALAWAT merupakan suatu ibadah yang sangat dianjurkan untuk setiap Muslim. Hal ini bertujuan selalu mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala dan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Banyak keistimewaan yang bisa diraih dari bersalawat. Keutamaan tersebut ternyata tidak didapat dari amalan-amalan lainnya. Kemudian amal salawat juga pasti diterima oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Masjid di Mesir Kembali Dibuka, Jamaah Sambut Gembira 

Mengutip penjelasan Ustadz Abdul Somad, sebagaimana video yang diunggah akun Youtube Taman Surga, Minggu (28/6/2020), Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahih-nya, hadis dari sahabat Uqbah bin ‘Amr bin Tsa’labah Radhiallahu anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه

Artinya: "Barang siapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." (HR Muslim Nomor 1893)

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Baca juga: Sumber Rezeki Muslimin: Keluarga hingga Berkat Istigfar 

Dijelaskan bahwa salawat adalah penyempurna pahala dari sebuah percakapan, karena dimulai dengan menyebut nama Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Ini bisa menjadi faktor yang dapat menyelamatkan hamba-Nya ketika melewati jembatan menuju surga.

"Dengan seringnya kita membaca salawat maka Allah Subhanahu wa ta'ala telah menjanjikan kepada kita perlindungan, kemudahan, dan mengabulkan doa-doanya, dan harus pecaya bahwasanya Allah tidak akan ingkar janji untuk mengabulkan doa-doa kita. Bersalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam berarti kita melaksanakan perintah Allah dan meniru para malaikat yang bersholawat kepada Nabi," terang Ustadz Abdul Somad.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ia memaparkan, sekali Muslimin melakukan salawat secara ikhlas kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, maka Allah Subhanahu wa ta'ala menjanjikan 10 kebaikan untuk setiap sholawat yang diucapkan.

Allah Subhanahu wa ta'ala pun akan mengangkat derajat orang yang membaca salawat 10 tingkat lebih tinggi, kemudian menghapuskan 10 dosa keburukan yang dilakukan pada masa lalu.

Baca juga: Masjid-Masjid Mesir Dibuka, Sholat Jumat Belum Diadakan 

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu beliau berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya: "Barang siapa yang mengucapkan salawat kepadaku satu kali maka Allah akan bersalawat baginya 10 kali, dan digugurkan 10 kesalahan (dosa)-nya, serta ditinggikan baginya 10 derajat/tingkatan (di surga kelak)." (HR an-Nasa’i Nomor 1297, Ahmad (3/102 dan 261), Ibnu Hibban Nomor 904, dan Al Hakim Nomor 2018, dishahihkan oleh Ibnu Hibban, Al Hakim, dan disepakati oleh Adz-Dzahabi, juga oleh Ibnu hajar dalam kitab Fathul Baari (11/167) dan Al Albani dalam kitab Shahihul Adabil Mufrad Nomor 643)

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Dunia Anti-Mainstream yang Ramah Muslim 

"Maka dari itu kita selaku umat Islam dianjurkan sering bersalawat kepada Rasulullah agar kelak di akhirat nanti bisa mendapatkan syafaat dari Baginda Rasul dan diberi keselamatan di dunia maupun akhirat nanti. Tidak lupa untuk selalu berhusnuzan dengan apa yang telah Allah janjikan kepada umat-Nya yang bertakwa dan mengharap ridanya. Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini