Share

Menikah hingga Bersedekah Jadi Sumber Rezeki Muslimin

Minggu 28 Juni 2020 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 330 2237642 menikah-hingga-bersedekah-jadi-sumber-rezeki-muslimin-l1YRE2T0Qd.jpeg Sedekah menjadi pembuka pintu rezeki Muslimin. (Foto: Shutterstock)
A A A

REZEKI seorang Muslim telah ditetapkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Tidak dapat diduga kapan dan dari mana rezeki tersebut dihadirkan. Semua itu kuasa Allah dan atas kebaikan yang diberikan-Nya.

Mengutip dari Muslim.or.id, Minggu (28/6/2020), Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin Rahimahullah menjelaskan, "Rezeki adalah segala sesuatu yang bermanfaat bagi manusia. Rezeki itu ada dua macam, yaitu rezeki yang bermanfaat untuk badan dan rezeki yang bermanfaat untuk agama. Rezeki yang bermanfaat untuk badan seperti makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, kendaraan dan yang sejenisnya. Adapun rezeki yang bermanfaat untuk agama yaitu ilmu dan iman." (Syarh Al-Arba’in An-Nawawiyyah, halaman 101–102)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin Rahimahullah juga menyatakan banyak dalil yang menunjukkan bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan rezeki kepada manusia itu sangat jumlah yang melimpah. Penjelasan tersebut ada di dalam kitab suci Alquran, hadis, maupun akal.

Baca juga: Sumber Rezeki Muslimin: Keluarga hingga Berkat Istigfar 

Dalam Alquran Surah Adz-Dzariyat Ayat 58, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

Artinya: "Sesungguhnya Allah, Dia-lah Yang Maha Pemberi Rezeki, Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh."

Kemudian Allah Subhanahu wa ta’ala juga berfirman dalam Surah Saba' Ayat 24:

قُلْ مَنْ يَرْزُقُكُمْ مِنَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ قُلِ اللَّهُ

Artinya: "Katakanlah, 'Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan dari bumi?' Katakanlah, 'Allah'."

Dalam Surah Yunus Ayat 31, Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

قُلْ مَنْ يَرْزُقُكُمْ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ أَمَّنْ يَمْلِكُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَمَنْ يُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَمَنْ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ فَسَيَقُولُونَ اللَّهُ فَقُلْ أَفَلَا تَتَّقُونَ

Artinya: "Katakanlah, 'Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan?' Maka mereka semuanya akan menjawab, 'Allah'."

Baca juga: Masjid di Mesir Kembali Dibuka, Jamaah Sambut Gembira 

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Berikut 4 sumber rezeki berdasarkan penjelasan dalam kitab suci Alquran, seperti dinukil dari Sindonews, Minggu (28/6/2020):

1. Rezeki karena menikah.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: "Dan kawinkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS An-Nur: 32)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Rezeki karena bersyukur.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: "Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS Ibrahim: 7)

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

3. Rezeki karena sedekah.

Allah Subhanahu wa ta'ala memberi ganjaran yang melimpah bagi hamba-Nya yang mengeluarkan sedekah. Hal ini sebagaiman firman-Nya: "Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan." (QS Al-Baqarah: 245)

4. Rezeki karena bekerja.

Terkait rezeki ini, sungguh Allah Maha Adil sebagaiman firman-Nya: "Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling Sempurna." (QS An-Najm: 39–41)

Wallahua’lam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini