Share

3 Perkara yang Bisa Membawa Muslimah ke Surga

Minggu 28 Juni 2020 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 330 2237824 3-perkara-yang-bisa-membawa-muslimah-ke-surga-EFdsSv8M0R.jpg Ilustrasi Muslimah. (Foto: Unsplash)
A A A

SEMUA Muslimah dapat dengan mudah masuk surga jika melakukan amal kebaikan dan menjauhi syirik. Kemudian ia hendaknya menjauhi sifat-sifat yang bisa membuat sulit masuk surga.

Seperti dilansir Sindonews, Minggu (28/6/2020), dari Abdurrahman bin Auf radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

Artinya: "Jika seorang wanita selalu menjaga sholat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan benar-benar taat kepada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, 'Masuklah ke dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka'." (HR Ahmad, 1:191 dan Ibnu Hibban, 9:471. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadis ini shahih. Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib Nomor 1932 bahwa hadis ini hasan lighairihi)

Hakikatnya, amalan dasar yang memudahkan muslimah masuk surga adalah sholat. Harus menjaga sholat lima waktu.

Baca juga: Alquran adalah Mukjizat Terbesar di Bumi 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

Artinya: "Maka apabila kamu telah menyelesaikan sholat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk, dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya sholat itu adalah fardu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS An-Nisa: 103)

Diriwayatkan dari Jabir Radhiyallahu anhu, berkata Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Artinya: "Perumpamaan sholat lima waktu adalah seperti seseorang yang mandi di sebuah sungai yang dalam yang mengalir di depan rumahnya sebanyak lima kali sehari." (HR Muslim)

Selain itu, ada juga amalan yang perlu diketahui para muslimah, yakni amalan yang bisa menghapus kesalahan dan meningkatkan derajat muslimah.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu'anhu, Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

Artinya: "Sukakah engkau semua saya tunjukkan pada sesuatu amalan yang dengannya itu Allah akan menghapuskan segala macam kesalahan serta mengangkat pula dengannya tadi sampai beberapa darajat?" Para sahabat menjawab: "Baik, ya Rasulullah."

Baca juga: Mengetahui Cara Nabi Muhammad Memakai Cincin 

Beliau Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Artinya: "Yaitu menyempurnakan wudu sekalipun banyak menghadapi kesulitan, melangkahkan kaki untuk pergi ke masjid, serta menantikan sholat setelah selesai sholat yang satunya. Yang demikian itulah yang dinamakan ribat (perjuangan)." (HR Muslim)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pelajaran yang terdapat di dalam hadis tersebut:

1. Menyempurnakan wudu sekalipun menghadapi kesulitan, misalnya di saat cuaca dingin sekali, sehingga airnya pun menjadi sangat dingin.

2. Dalam hadis tersebut dijelaskan bahwa senantiasa berthaharah yakni tetap suci dari hadas besar dan kecil, juga sholat dan segala sesuatu yang dilakukan ditujukan untuk niat beribadah dan berbakti kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, adalah sama pahalanya dengan berjihad fii sabilillah.

3. Disebut tiga perkara itu karena musuh yang utama bagi manusia adalah hawa nafsunya.

Tiga amalan yang disebut dalam hadis tersebut bisa untuk membendung jalan-jalan setan dan hawa nafsu. Maka barang siapa bisa melestarikan tiga perkara itu akan dihapus kesalahannya dan diangkat derajatnya.

Marilah para mulai saat ini bersungguh-sungguh menjalankan perintah dan meninggalkan larangan Allah Subhanahu wa ta'ala.

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَى

Artinya: "Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya." (QS An-Nazi'at: 40)

فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَى

Artinya: "Maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya)." (QS An-Nazi'at: 41)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini