Share

Mengetahui Kelembutan yang Diajarkan Rasulullah

Minggu 28 Juni 2020 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 614 2237738 mengetahui-kelembutan-yang-diajarkan-rasulullah-kdb0n1SD7Z.jpg Kaligrafi tulisan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. (Foto: Shutterstock)
A A A

NABI Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dikenal memiliki sikap lemah lembut kepada semua orang. Hal ini beliau terapkan ketika berdakwah memperkenalkan agama Islam.

Masih banyak sikap kelembutan yang bisa dicontoh dari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Kemudian bisa diterapkan dalam kehidupan.

Baca juga: Masjid di Mesir Kembali Dibuka, Jamaah Sambut Gembira 

Mengutip dari Muslim.or.id, Minggu (28/6/2020), terdapat kisah yang datang dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu anhu tentang perilaku seorang Arab Badui.

أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ قَامَ أَعْرَابِيٌّ فَبَالَ فِي الْمَسْجِدِ فَتَنَاوَلَهُ النَّاسُ فَقَالَ لَهُمْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعُوهُ وَهَرِيقُوا عَلَى بَوْلِهِ سَجْلًا مِنْ مَاءٍ أَوْ ذَنُوبًا مِنْ مَاءٍ فَإِنَّمَا بُعِثْتُمْ مُيَسِّرِينَ وَلَمْ تُبْعَثُوا مُعَسِّرِينَ

Artinya: "Bahwa Abu Hurairah berkata, 'Seorang Arab Badui berdiri dan kencing di masjid, lalu orang-orang ingin mengusirnya. Maka Nabi Shallallahu alaihi wa sallam pun bersabda kepada mereka: 'Biarkanlah dia dan siramlah bekas kencingnya dengan setimba air, atau dengan seember air, sesungguhnya kalian diutus untuk memberi kemudahan dan tidak diutus untuk membuat kesulitan." (HR Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Sumber Rezeki Muslimin: Keluarga hingga Berkat Istigfar 

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Dalam cerita ini, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam mencontohkan kelembutan sikap dengan membiarkan seorang Arab Badui itu menyelesaikan hajatnya. Kemudian barulah beliau meminta para sahabat radhiyallahu anhum untuk membersihkan bekas air kencingnya.

Kelembutan yang dilakukan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dalam kasus ini memiliki dasar. Apabila Nabi membiarkan orang-orang mengusir seorang Arab Badui tersebut, maka bisa saja air kencingnya akan lebih banyak menyebar di lantai masjid, dan si pelaku diberi udzur akibat ketidaktahuannya. Selain itu, agama Islam juga datang dengan berbagai kemudahan bukan kesulitan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian sifat kelembutan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam juga ditunjukkan ketika berdakwah. Beliau menempatkan seseorang sesuai kedudukannya, memberikan gelar atau julukan yang sesuai. Ini sangatlah diperhatikan Rasulullah.

Baca juga: Bersalawat: Menggugurkan Dosa, Meninggikan Derajat 

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Ketika Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menulis surat kepada Heraklius (Raja Romawi), beliau mengatakan kepada Heraklius pembesar Negeri Rum.

Beliau juga memberikan julukan kepada tokoh munafik yaitu Abdullah bin Ubai bin Salul dengan kunyah Abul Habbab.

Inilah kelembutan dakwah Islam yang langsung dipraktikkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dan sebagai contoh bagi umatnya.

Baca juga: 6 Faedah Menunjukkan Kebaikan kepada Orang Lain 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini