Share

Ini 12 Rakaat Sholat Sunah Rawatib yang Selalu Dikerjakan Rasulullah

Hantoro, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 06:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 614 2237918 ini-12-rakaat-sholat-sunah-rawatib-yang-selalu-dikerjakan-rasulullah-Y3VXYmwVLA.jpg Ilustrasi masjid. (Foto: Unsplash)
A A A

DI antara ibadah wajib terdapat amalan-amalan sunah. Salah satunya adalah sholat sunah rawatib. Sholat ini merupakan ibadah tambahan dari jenis ibadah yang serupa. Tujuannya untuk melengkapi kekurangan yang terdapat pada ibadah sholat wajib yang dikerjakan.

Dijelaskan bahwa ibadah sunah di dalam ibadah sholat yang paling utama adalah sholat sunah rawatib. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam selalu mengerjakannya dan tidak pernah sekalipun meninggalkannya dalam keadaan tidak bepergian jauh.

Baca juga: Kekhususan Nabi Muhammad: Tidak Menguap hingga Tahu Ringkihan Langit 

Mengutip dari Muslim.or.id, Senin (29/6/2020), sholat sunah rawatib ada 12 rakaat:

- 4 rakaat sebelum Sholat Zuhur dengan 2 salam.

- 2 rakaat setelah Sholat Zuhur dengan sekali salam.

- 2 rakaat setelah Sholat Maghrib dengan 1 salam.

- 2 rakaat setelah Sholat Isya dengan 1 salam.

- 2 rakaat sebelum Sholat Subuh dengan 1 salam.

Baca juga: 3 Kriteria Calon Suami yang Baik untuk Muslimah 

Diterangkan bahwa Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam selalu menjaga ke-12 rakaat sholat sunah rawatib tersebut ketika sedang tidak bepergian. Beliau bersabda:

من صلى ثنتي عشرة ركعة تطوعا في اليوم والليلة ، بني له بهن بيت في الجنة

Artinya: "Barang siapa yang sholat sunah 12 rakaat dalam sehari semalam, Allah akan bangunkan untuknya rumah di surge." (HR Muslim Nomor 728) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Terdapat salah satu hadis yang menafsirkan 12 rakaat ini dengan sholat sunah rawatib. Maka bagi kaum Muslimin yang selalu mengerjakannya akan dinaungi kebaikan yang besar.

Baca juga: Mencontoh Rasulullah Berdakwah dengan Lemah Lembut 

Sholat di tengah pandemi covid-19. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

Di dalam hadis tersebut juga dijanjikan akan dibangunkan sebuah rumah di surga bagi orang yang melaksanakan sholat sunah rawatib 12 rakaat.

Masing-masing adalah 4 rakaat sebelum Zuhur dengan 2 salam; 2 rakaat setelah Zuhur dengan 1 salam; 2 rakaat setelah Maghrib dengan 1 salam; 2 rakaat setelah Isya dengan 1 salam; serta 2 rakaat sebelum Subuh dengan 1 salam. Ibadah ini disebut sholat sunah rawatib.

Baca juga: Nabi Muhammad Mendamaikan Suku yang Berebut Meletakkan Hajar Aswad 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini