Share

4 Keutamaan Sholat Sunah Rawatib

Hantoro, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 614 2237944 4-keutamaan-sholat-sunah-rawatib-N05on80cNT.jpg Ilustrasi sholat. (Foto: Istimewa)
A A A

NABI Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam tidak pernah terlewatkan mengerjakan sholat sunah rawatib 12 rakaat. Ibadah sunah yang paling utama dalam sholat ini memiliki banyak keutamaan. Allah Subhanahu wa ta'ala akan memberikan ganjaran banyak kebaikan untuk setiap Muslimin yang mengerjakannya.

Sholat rawatib 12 rakaat sendiri merupakan amalan sunah di dalam ibadah sholat yang paling utama. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam tidak pernah sekalipun meninggalkannya dalam keadaan bermukim.

Dari 12 rakaat sholat sunah rawatib itu terdiri dari 4 rakaat sebelum Zuhur dengan 2 salam; 2 rakaat setelah Zuhur dengan 1 salam; 2 rakaat setelah Maghrib dengan 1 salam; 2 rakaat setelah Isya dengan 1 salam; serta 2 rakaat sebelum Subuh dengan 1 salam.

Baca juga: Ini 12 Rakaat Sholat Sunah Rawatib yang Selalu Dikerjakan Rasulullah 

Adapun sholat sunah rawatib memiliki empat keutamaan. Berikut ini pemaparannya, sebagaimana dikutip dari Rumaysho, Senin (29/6/2020).

1. Amalan terbaik.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

وَاعْلَمُوا أَنَّ خَيْرَ أَعْمَالِكُمُ الصَّلاَةُ

Artinya: "Ketahuilah, sebaik-baik amalan bagi kalian adalah shalat." (HR Ibnu Majah Nomor 277, Ad Darimi Nomor 655 dan Ahmad (5/282), dari Tsauban. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadis ini sahih)

Baca juga: Mencontoh Rasulullah Berdakwah dengan Lemah Lembut 

2. Meninggikan derajat.

Kaum Muslimin yang melaksanakan sholat sunah rawatib akan mendapat peninggian derajat, kemudian dihapuskan kesalahannya. Hal ini sebagaimana riwayat yang menceritakan Tsaubah, mantan pembantu Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

Ia pernah ditanya mengenai amalan yang dapat memasukkannya ke dalam surga atau amalan yang paling dicintai oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Tsauban kemudian menanyakan hal tersebut kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Rasulullah lalu menjawab:

عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ فَإِنَّكَ لاَ تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلاَّ رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً

Artinya: "Hendaklah engkau memperbanyak sujud kepada Allah karena tidaklah engkau bersujud kepada Allah dengan sekali sujud melainkan Allah akan meninggikan satu derajatmu dan menghapuskan satu kesalahanmu." (HR Muslim Nomor 488)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Melengkapi kekurangan sholat wajib.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الرَّجُلَ لَيَنْصَرِفُ وَمَا كُتِبَ لَهُ إِلاَّ عُشْرُ صَلاَتِهِ تُسْعُهَا ثُمُنُهَا سُبُعُهَا سُدُسُهَا خُمُسُهَا رُبُعُهَا ثُلُثُهَا نِصْفُهَا

Artinya: "Sesungguhnya seseorang ketika selesai dari sholatnya hanya tercatat baginya sepersepuluh, sepersembilan, seperdelapan, sepertujuh, seperenam, seperlima, seperempat, sepertiga, separuh dari shalatnya." (HR Abu Daud Nomor 796 dan Ahmad (4/321), dari Ammar bin Yasir. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadis ini hasan)

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ النَّاسُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ أَعْمَالِهِمُ الصَّلاَةُ قَالَ يَقُولُ رَبُّنَا جَلَّ وَعَزَّ لِمَلاَئِكَتِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ انْظُرُوا فِى صَلاَةِ عَبْدِى أَتَمَّهَا أَمْ نَقَصَهَا فَإِنْ كَانَتْ تَامَّةً كُتِبَتْ لَهُ تَامَّةً وَإِنْ كَانَ انْتَقَصَ مِنْهَا شَيْئًا قَالَ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِى مِنْ تَطَوُّعٍ فَإِنْ كَانَ لَهُ تَطَوُّعٌ قَالَ أَتِمُّوا لِعَبْدِى فَرِيضَتَهُ مِنْ تَطَوُّعِهِ ثُمَّ تُؤْخَذُ الأَعْمَالُ عَلَى ذَاكُمْ

Artinya: "Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah sholat. Kemudian Allah Ta’ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih Mengetahui segala sesuatu, 'Lihatlah kalian pada sholat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan? Jika sholatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun jika sholatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan sholat sunah? Jika ia memiliki sholat sunah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan sholat sunah yang ia lakukan. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu." (HR Abu Daud Nomor 864, dari Abu Hurairah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini sahih)

Baca juga: 3 Perkara yang Bisa Membawa Muslimah ke Surga 

4. Mendapat rumah di surga.

Muslimin yang selalu mengerjakan sholat sunah rawatib 12 rakaat akan dibangunkan rumah di surga.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam riwayat dari Ummu Habibah, istri Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, Rasulullah bersabda:

« مَنْ صَلَّى اثْنَتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِى يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِىَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ

Artinya: "Barang siapa mengerjakan sholat sunah dalam sehari-semalam sebanyak 12 rakaat, maka karena sebab amalan tersebut, ia akan dibangun sebuah rumah di surga." (HR Muslim Nomor 728)

Baca juga: Alquran adalah Mukjizat Terbesar di Bumi 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini