Share

Sayangi Lingkunganmu, Begini Tips Mudah Kelola Sampah Rumah Tangga

Elsa Virina Simanjuntak, Okezone · Selasa 30 Juni 2020 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 30 612 2239018 sayangi-lingkunganmu-begini-tips-mudah-kelola-sampah-rumah-tangga-5GXHvm6DWO.jpg Ilustrasi. (Freepik)
A A A

ISU sampah dan lingkungan mungkin sudah bukan hal asing lagi. Keberadaannya pun akan ditemui sehari-hari.

Setiap hari sampah juga dihasilkan dari rumah tangga setiap hari. Mulai dari sampah makanan, pakaian, atapun kosmetik.

sampah

Namun, kali ini ada cara jitu untuk mengolah sampah tersebut agar tidak berbuang begitu saja. Bahkan, sampah tersebut dapat diolah menjadi bahan bakar untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Anda dapat mengadopsi konsep Tempat Olahan Sampah Sungai-Gerakan Ciliwung Bersih (TOSS-GCB) yang digagas oleh Supriadi Legino dan hasil inovasi Sonny Djatnika Sundadjadja.

Konsep ini menggunakan teknologi peuyeumisasi (bio-drying). Dari proses ini dihasilkan briket/pellet yang dapat digunakan menjadi energy atau bahan bakar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

TOSS-GCB ini pun dapat Anda praktikkan di daerah rumah Anda. Penasaran bagaimana caranya? Mari simak langkah-langkah di bawah ini, ditulis Okezone, Selasa (30/6/2020).

1. Sampah rumah tangga hanya perlu dimasukkan pada box bamboo berukuran 2x1,25 x1,25 m3 (setara dengan 1 ton sampah). Sampah tidak perlu dipilah. Mudah kan?

2. Siram sampah dengan biokativator. Ini akan membuat jumlah sampah menyusut hingga 50 persen dan mengurangi kelembaban dalam waktu 7 hari

3. Sampah yang sudah di peuyeumisasi dapat digunakan

Pelet/briket yang dihasilkan dari proses peuyeumisasi ini setara dengan nilai kalori baru bara sehingga dapat digunakan sebagai campuran batu bara.

Dengan menggunakan ini, masyarakat membantu mengurangi penggunaan energi fosil. Begitu juga dengan permasalahan sampah di masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini