Share

Ini Sederet Manfaat Wudhu untuk Kesehatan

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 19:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 30 614 2239054 ini-sederet-manfaat-wudhu-untuk-kesehatan-Ed38OUxUod.jpg ilustrasi (stutterstock)
A A A

DALAM sehari, seorang muslim rata-rata berwudhu minimal lima kali, yaitu ketika hendak melaksanakan sholat fardhu, belum lagi ibadah lainnya. Tapi, tahukah Anda jika wudhu juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh?

Direktur Utama Rumah Sakit Haji Jakarta dr. Syarief Hasan Luthfi mengatakan, rajin berwudhu memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, selain itu juga sekaligus untuk membersihkan hati.

"Juga dapat menjaga kebersihan kulit dan membuang polusi di pori-pori kulit," ujar dr Syarief kepada Okezone beberapa waktu lalu.

 Baca juga: 4 Ulama Kharismatik Aceh Murid Abuya Muda Waly

Lebih lanjut, bagi orang yang berwudhu secara otomatis pasti juga akan membersihkan anggota tubuh dan kulitnya. Ia selalu menjaga kebersihan hidungnya (dengan istinsyaq), tangannya, wajahnya, hingga kedua kakinya.

Berwudhu yang baik dan benar juga dapat mencegah kanker kulit. Setiap hari orang pasti bersentuhan dengan banyak elemen, termasuk bahan-bahan kimia. Oleh karena itu dengan berwudhu, maka bahan kimia yang menempel di kulit tersebut akan larut dan hilang.

"Wudhu juga ternyata bisa menimbulkan perasaan nyaman dan tenang. Sebab, air yang membasahi anggota tubuh dapat memberikan ketenangan kepada diri seseorang," terangnya.

Selain itu, sebelum tidur juga dianjurkan memiliki wudhu sehingga dapat terjaga kesuciannya. Sebagaimana dalam salah satu riwayat hadist, Rasulullah SAW:

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ نَامَ عَلَى وُضُوْءٍ فَأَدْرَكَهُ الْمَوْتُ فِيْ تِلْكَ اللَّيْلَةِ فَهُوَ عِنْدَ اللهِ شَهِيْدٌ}.

Artinya: "Siapa yang tidur dalam keadaan berwudhu, lalu kematian menemuinya di malam itu, maka ia termasuk syahid di sisi Allah." (Imam Nawawi di dalam kitab Tanqihul Qaul).

 

Kemudian dalam hasan riwayat Imam an-Nasa'i:

عن أنس - رضي الله عنه – قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "توضأوا بسم الله. رواه النسائي.

Artinya: "Dari sahabat Anas RA, Rasulullah SAW bersabda: Berwudhulah dengan menyebut nama Allah."(HR. An-Nasa'i).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini