Share

Dibuka Akhir Juli, Masjid Istiqlal Langsung Gelar Sholat Jumat

Hantoro, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 22:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 30 614 2239143 dibuka-akhir-juli-masjid-istiqlal-langsung-gelar-sholat-jumat-rdYMTNVDSq.jpg Masjid Istiqlal. (Foto: Dok Okezone/Dede Kurniawan)
A A A

MASJID Istiqlal direncanakan kembali dibuka pada akhir Juli mendatang. Pihak pengurus pun akan langsung menyelenggarakan Sholat Jumat dan sholat lima waktu.

"Iya insya Allah (mengadakan Sholat Jumat, red)," kata Kepala Protokol dan Pelayanan Masjid Istiqlal Ustadz Abu Hurairah Abdul Salam ketika dikonfirmasi Okezone, Senin 29 Juni 2020.

Menjelang penyelenggaraan ibadah secara berjamaah itu, pihak Masjid Istiqlal terus melakukan persiapan. Di antaranya menyiapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona (covid-19), penyemprotan disinfektan, serta pembersihan lainnya.

Ustadz Abu melanjutkan, sementara Masjid Istiqlal juga masih menyelesaikan renovasi bangunan. Sampai sekarang sudah memasuki tahap akhir.

"(Renovasi, red) toilet, kamar mandi, sarana parkir sudah 90 persen," terangnya.

Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo juga sempat meninjau renovasi dan kesiapan Masjid Istiqlal menjelang penerapan kenormalan baru (new normal) di tengah pandemi virus corona (covid-19).

Jokowi mengatakan pembangunan Masjid Istiqlal dijadwalkan selesai pada awal Juli. Ia menyatakan waktu penyelesaian agak mundur akibat pandemi covid-19.

"Saya sudah mendapat informasi dari (Imam Besar) Profesor Nasaruddin Umar bahwa direncanakan Masjid Istiqlal dibuka pada bulan Juli. Tapi keputusannya nanti ada di Bapak Imam Besar," papar Jokowi ketika meninjau Masjid Istiqlal, Selasa 2 Juni 2020. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ia mengungkapkan, jika nantinya Masjid Istiqlal sudah dibuka untuk jamaah umum, protokol kesehatan pencegahan covid-19 harus diberlakukan secara ketat. Ini guna mencegah penularan antarjamaah.

"Tadi saya titip untuk disiapkan protokol kesehatan hingga nanti saat kita melaksanakan sholat di Istiqlal semua aman dari covid," ujarnya. 

Masjid Istiqlal. (Foto: Dok Okezone/Dede Kurniawan)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini