Share

Salma Lakhani, Imigran yang Jadi Wakil Gubernur Muslim Pertama di Kanada

Rizka Diputra, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 06:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 614 2239838 salma-lakhani-imigran-yang-jadi-wakil-gubernur-muslim-pertama-di-kanada-rkSygQRKCn.JPG Salma Lakhani jadi wakil gubernur muslim pertama di Kanada (Foto: CTV News)
A A A

PEMERINTAH Kanada resmi melantik Salma Lakhani sebagai wakil gubernur Alberta. Wanita yang berprofesi sebagai advokat itu menjadi muslim pertama yang menempati jabatan prestisius dalam struktural pemerintahan Alberta dan Kanada.

Ia menggantikan Lois Mitchell, pejabat sebelumnya yang telah bertugas sejak Juni 2015.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengumumkan Salma Lakhani sebagai wakil gubernur ke-19 Alberta pada Selasa 30 Juni 2020 lalu. Ia merupakan seorang imigran asal Uganda, yang sudha menetap di Edmonton sejak tahun 1972.

Baca juga: Felix Siauw Ungkap Tantangan Terberat Dialami di Awal Masuk Islam

Salma selama ini aktif membela hak-hak perempuan, perawatan kesehatan, pendidikan dan memerjuangkan nasib para imigran.

"Sebagai Wagub Alberta, saya tahu dia akan melayani orang-orang di provinsi dan negara kita dengan baik, dan terus menjadi sumber inspirasi bagi semua warga Kanada," kata Trudeau, dikutip dari laman CTV News.

Ia juga merupakan salah satu mentor di komite penasihat untuk gerakan 100 Women: A Million Possibilities Movement. Lembaga itu selama ini telah membantu jutaan siswa tidak mampu. Kini ia memiliki tugas baru sebagai perwakilan Ratu Elizabeth II di provinsi mereka, dalam memberikan persetujuan kerajaan terhadap undang-undang provinsi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini