Share

Jangan Lupa Baca Surah Al Kahfi Malam Jumat Ini, Besar Keutamaannya

Hantoro, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 20:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 614 2240297 jangan-lupa-baca-surah-al-kahfi-malam-jumat-ini-besar-keutamaannya-qXWqxI4f2w.jpg Kitab suci Alquran. (Foto: Unsplash)
A A A

SALAH satu hari yang memiliki amalan adalah malam Jumat. Di Kamis malan ini setiap Muslimin dianjurkan membaca Surah Al Kahfi. Sangat besar keutamaan yang bisa diraih dari menjalankan amalan membaca surah ke-18 dengan jumlah 110 ayat tersebut.

Sebagaimana dikutip dari Muslim.or.id, Kamis (2/7/2020), berdasarkan riwayat Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

"Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Baca juga: MUI Sebut Banyak Negara Jadikan Indonesia Role Model Islam Moderat 

Kemudian dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

"Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Diterangkan pula, akibat kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala, orang yang membaca Surah Al Kahfi akan dilindungi dari fitnah Dajjal.

Dari Abu Darda’ Radhiyallahuanhu, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam berkata:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

"Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal." (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

Baca juga: Apa Hukum Memakan Daging Kuda? 

Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala terus memudahkan setiap Muslimin dalam menjalankan amalan membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat ini dan besok, serta beramal salih sesuai tuntunan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini