Share

Kisah Nabi Muhammad Memaafkan Ikrimah Abu Jahal Usai Darahnya Dihalalkan

Sarah Nurjannah, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 00:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 614 2240332 kisah-nabi-muhammad-memaafkan-ikrimah-abu-jahal-usai-darahnya-dihalalkan-e9FZkVvr7u.jpg Pemeran Ikrimah bin Abi Jahal dalam film seri Umar bin Khattab (Istimewa)
A A A

NABI MUHAMMAD SAW memiliki sikap rendah hati dan pemaaf yang sangat layak diteladani. Rasulullah tak memiliki dendam dan bersedia memaafkan musuh-musuh Islam yang mau bersyahadat kepada Allah dan rasul-Nya.

Salah satu yang dimaafkan adalah Ikrimah bin Abi Jahal, tokoh Quraisy yang paling menentang dakwah Nabi. Setelah Abu Jahal tewas di tangan muslimin dalam Perang Badar, Ikrimah tampil sebagai sosok pengganti ayahnya memimpin permusuhan terhadap Islam.

Baca juga: Zulkaidah, Bulan Rasulullah Umrah

Pendakwah kondang Ustadz Khalid Basalamah dalam kajian serial Sahabat Nabi yang disiarkan lewat chanel Youtubenya menuturkan, saat pasukan muslimin menaklukkan Makkah, Rasulullah memasukkan 10 orang kafir Quraisy dalam daftar halal dibunuh walau pun bergantung pada kiswah Kakbah.

Dari 10 itu, nama Ikrimah bin Abi Jahal menempati urutan pertama. Itu tak lepas dari peran besar Ikrimah dalam memusuhi Islam. Dia termasuk pemimpin musyrikin di Perang Uhud dan tokoh di balik pembantaian terhadap kaum muslimin di Makkah saat masih dalam masa perjanjian Hudaibiyah.

Perjanjian Hudaibiyah adalah kesepakatan dibuat Nabi Muhammad dengan kafir Quraisy, di antaranya larangan saling serang antara kedua kubu. Tapi belakangan Quraisy mengkhianati perjanjian, sehingga Rasulullah pun mengerahkan pasukan merebut Makkah.

Saat pasukan Rasulullah masuk ke Makkah, Ikrimah memimpin perlawanan, tapi dia kalah dan sekira 23 anak buahnya tewas. Ikrimah kabur ke Jeddah lalu naik kapal. Tapi, di tengah laut ombak besar menghantam kapal.

Orang dalam kapal menyebut-nyebut nama Allah. Akhirnya, Ikrimah mulai tersentuh hatinya dan menyadari berhala yang dia sembah tak bisa menyelamatkannya di laut. Kapal yang membawa Ikrimah balik lagi ke Jeddah.

Baca juga: Inilah Janji Allah dalam Alquran untuk Orang yang Sabar

Sementara di Makkah, Ummu Hakim, istri Ikrimah sudah masuk Islam. Dia minta Rasulullah memaafkan Ikrimah kalau masuk Islam. Rasulullah mengiyakan.

“Ketika itu istrinya yang sudah lebih dulu masuk agama Islam memohon Ikrimah agar dimaafkan dan berikan perlindungan,“ cerita Khalid Basalamah.

Ummu Hakim akhirnya berangkat ke Jeddah mencari Ikrimah. Setelah bertemu, Ummu Hakim meminta suaminya kembali ke Makkah menghadap Nabi Muhammad dan bersyahadat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam perjalanan, Ikrimah mencoba menyetuh dan mengajak istrinya bermesraan, tapi Ummu Hakim menolaknya dengan alasan seorang muslimah tidak boleh disentuh oleh orang kafir. Melihat keteguhan sang istri menjaga kesucian, Ikrimah makin tersentuh dengan Islam.

Tiba di Makkah, Ikrimah bersyahadat di depan Rasulullah yang sudah memaafkan segala dosanya. Ikrimah berikrar di depan Nabi akan membayar semua kesalahan diri dan ayahnya di masa lalu dengan teguh membela Islam. Dia siap mengorbankan nyawa dan harta di jalan Allah.

Rasulullah sangat bahagia dengan bersyahadatnya Ikrimah, seorang tokoh paling berpengaruh di kalangan musyrikin. Karena Ikrimah sudah mualaf, Rasulullah meminta kepada muslimin agar tidak lagi mengungkit-ungkit kesalahan ayahnya, Abu Jahal yang dikenal sebagai Firaunnya umat Islam.

Ikrimah kini membuktikan keimanannya. Ia kerap menangis mendengar untaian ayat-ayat Alquran dan berkali-kali mengutuk kesalahannya di masa lalu.

Ikrimah akhirnya menjadi salah satu pahlawan Islam. Ia terus terlibat dalam beberapa peperangan. Ia akhirnya syahid di Perang Yarmuk, pertempuran dahyat yang meruntuhkan kekuatan Romawi oleh kaum muslimin di Negeri Syam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini