Share

Doa agar Penyakit Segera Diangkat oleh Allah Ta'ala

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 618 2240335 doa-agar-penyakit-segera-diangkat-oleh-allah-ta-ala-UmVIRopRye.jpg Ilustrasi doa. (Foto: Shutterstock)
A A A

JATUH sakit merupakan bagian ujian yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada umat Islam. Musibah ini untuk meningkatkan keimanan serta sebagai penghapus dosa hamba-Nya.

"Ketika sakit memperbanyak doa dan memohon pertolongan supaya diangkat penyakit oleh Allah Subhanahu wa ta'ala merupakan bagian yang tak terpisahkan dari seorang hamba yang terpuji," ujar Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur Ustadz Asroni Al Paroya saat kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Baca juga: Agar Tak Mimpi Buruk, Baca Doa Ini Sebelum Tidur 

Ilustrasi doa. (Foto: Shutterstock)

Berikut ini adalah doa meminta permohonan supaya segera disembuhkan dan diangkat dari segala penyakit:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman

Artinya: "Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri." (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, (Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H), halaman 113)

Baca juga: Doa Rasulullah Ketika Bangun Tidur dan Hikmah yang Diperoleh 

Ilustrasi doa. (Foto: Shutterstock)

Selain itu, dapat disertai dengan amalan-amalan lainnya, seperti sholat hajat, sholat tahajud, sholat dhuha hingga memperbanyak membaca shalawat syifa yang artinya adalah obat:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا . وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا . وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا . وَقُوْتِ اْلأَرْوَاحِ وَغِذَائِهَا . وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ .

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wadawaa-iha wa‘aafiyatil abdaani wasyifaa-ihaa wanuuril ab-shaari wadhiyaa-ihaa waquutil ajsaadi wal arwaahi wa ghidaa-ihaa wa’alaa aalihii washohbihii wasaliim

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat yang disertai ta’dzim kepada Nabi Muhammad sebagai penyembuh semua hati dan menjadi obatnya, keafiatan badan dan kesembuhannya, cahaya segala penglihatan dan menjadi sinarnya, menjadi makanan jiwa santapannya. Dan semoga terlimpahkan pula shalawat dan salam kepada keluarga dan sahabat Beliau."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini