Share

5 Fakta Unik Masjidil Haram yang Perlu Diketahui

Pristia Astari, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 615 2240842 5-fakta-unik-masjidil-haram-yang-perlu-diketahui-ZT08FmR10n.jpg Masjidil Haram di Makkah (Shutterstock)
A A A

MASJIDIL Haram di Kota Makkah adalah tempat paling suci bagi umat Islam. Di dalamnya ada Kakbah, kiblat muslim seluruh dunia. Saban hari, masjid ini tak pernah sepi dari orang-orang beribadah. Pusat umrah dan haji.

Sekali sholat di Masjidil Haram pahalanya setara 100.000 kali sholat di masjid lain. Itulah sebabnya banyak muslim berbondong-bondong untuk beribadah di Masjidil Haram. Masjid ini pun sudah dirancang dengan fasilitas super lengkap untuk membuat jamaah nyaman berlama-lama di dalamnya.

Baca juga: 7 Tempat Paling Dicintai Nabi Muhammad

Misalnya di sekitar Kakbah yang tak beratap. Sengatan matahari langsung menyiram lantai. Tapi, orang-orang yang bertawaf atau iktikaf tak merasakan panas karena lantainya dilapisi marmer khusus yang bisa menepis hawa panas sehingga kaki jamaah tetap nyaman walau tanpa mengenakan alas kaki.

Itu adalah salah satu fakta unik Masjidil Haram. Dikutip dari video di channel Youtube RCTI-Infotainment, berikut fakta-fakta seputar Masjidil Haram:

1. Lantai Masjidil Haram selalu sejuk

Rahasia Lantai Majidil Haram yang selalu dingin dan sejuk ternyata karena memakai marmer terbaik di dunia yang didatangkan langsung dari Thassos, Yunani. Marmer jenis ini memang dikenal karena kesejukannya dan dapat meredam hawa panas yang memantul di lantai.

ilustrasi

Pembersihan lantasi Masjidil Haram (Okezone)

Selain itu untuk proses pemasangannya juga dipegang oleh tenaga ahli, lantainya dipotong dengan bentuk persegi panjang dan masing-masing ketebalannya berukuran 5 cm karena itulah marmer tersebut dapat menyerap kelembapan di malam hari dan dapat mempertahankan kesejukannya walaupun di siang hari begitu panas.

2. Permadani Masjidil Haram beraroma mawar

Permadani di Masjidil Haram juga selalu semerbak wangi mawar. Jamaah jadi betah lama-lama beriktikaf, sholat dan bersujud di Masjidil Haram. Permadani ini selalu dijaga kebersihan dan wanginya. Pemerintah Arab Saudi menugaskan para pekerja terlatih rutin membersihkan sedikitnya 30 ribu permadani yang terbentang mencapai sekitar 100 kilometer di Masjidil Haram.

ilustrasi

(Foto Okezone)

3. Mikrofon Masjidil Haram terbaik di dunia

Mikrofon atau pengeras suara di Masjidil Haram merupakan yang terbaik di dunia. Masjidil Haram dilengkapi lebih dari 3000 pelantang suara, sementara di sajadah imam setidaknya ada 10 mikrofon canggih keluaran jerman, yaitu 3 mikrofon sejajar dengan mulut imam, 3 mikrofon di tempat imam rukuk, dan 3 mikrofon di bawah di tempat sujud dan 1 klip micro button yang dipasang di kancing imam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Ada 20 Muadzin

Masjidil Haram memiliki 20 muadzin yang bergantian mengumandangkan adzan, menyerukan orang-orang untuk sholat. Mereka memiliki suara lantang, merdu dan bacaan yang fasih.

Para muadzin Masjidil Haram adalah orang-orang pilihan hasil seleksi secara ketat oleh Majelis Idarah Muadzin. Dari puluhan muadzin yang bertugas ada sosok bernama Ali Ahmad Al Mulla atau biasa disapa Syekh Ali Mulla. Syekh Ali Mulla sudah menjadi muadzin selama 4 dekade, sejak usianya masih berumur 14 tahun hingga kini sudah 75 tahun. Selain itu Syekh Ali Mulla juga dujuluki Bilal zaman now.

ilustrasi

Jamaah bertawaf mengelilingi Kakbah (Okezone.com/Salman Mardira)

5. Masjidil Haram ramah disabilitas

Masjidil Haram sangat ramah terhadap penyandang disabilitas. Manajemen masjid menyediakan fasilitas dan area khusus untuk jamaah difabel. Misalnya ada penerjemah bahasa bagi jamaah tunarungu dan tunawicara. Ada Alqur’an braille untuk jamaah tunanetra dan kursi roda listrik untuk jamaah tunadaksa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini