Share

New Normal, Masyarakat Tak Bisa ke Istana saat HUT ke-75 RI

Muhammad Sukardi, Okezone · Senin 06 Juli 2020 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 612 2241938 new-normal-masyarakat-tak-bisa-ke-istana-saat-hut-ke-75-ri-L4Dp5ABJJg.jpg Ilustrasi. (Foto: Biro Setpres)
A A A

PERSIAPAN perayaan Hari Kemerdekaan RI Ke-75 sudah dilakukan. Salah satunya menentukan siapa saja yang akan hadir di perayaan upacara pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus 2020.

Hal ini menjadi pembahasan karena pandemi Covid-19 masih terjadi hingga sekarang. Karena itu, sudah sepatutnya Istana mempertimbangkan siapa saja yang akan hadir di upacara sakral tersebut.

Diterangkan Kepala Sekretaris Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, saat upacara kemerdekaan berlangsung, hanya pihak-pihak tertentu saja yang datang langsung ke Istana.

Baca Juga: Menparekraf Wishnutama Siapkan Protokol HUT RI di New Normal

upacara

Mereka itu ialah Presiden RI dan istri, Wakil Presiden RI dan istri, pejabat negara yang mengemban tugas dalam upacara (pembaca teks Proklamasi dan doa, misalnya), dan Panglima TNI dan Polri.

"Untuk masyarakat yang setiap tahunnya selalu diundang Presiden Joko Widodo ke Istana, di tahun ini tak ada yang diundang," terang Heru saat Konferensi Pers terkait Peringatan HUT RI Ke-75 di Gedung Utama Kemensetneg, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Alasan tak diundangnya masyarakat ke Istana Negara, terang Heru, berkaitan dengan kondisi pandemi yang masih dihadapi Indonesia. Jadi, pertimbangan keamanan keselamatan kesehatan masyarakat jadi alasan utama pihak istana tak mengundang masyarakat.

"Kami tidak mengundang masyarakat karena kondisi masih adanya PSBB. Kami mengutamakan kesehatan masyarakat dengan menjalankan protokol yang berlaku," kata Heru.

Meski begitu, masyarakat tetap diundang Istana di perayaan HUT RI Ke-75 melalui virtual. Ya, perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 tetap akan meriah walau masyarakat menyaksikannya di tempat masing-masing dengan tetap semangat dan khidmat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini