Share

Berikut Syarat untuk Bisa Melaksanakan Ibadah Haji Tahun Ini

Hantoro, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 08:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 614 2242274 berikut-syarat-untuk-bisa-melaksanakan-ibadah-haji-tahun-ini-3UFewvUu5v.jpg Masjidil Haram di Kota Makkah, Arab Saudi. (Foto: Shutterstock)
A A A

PEMERINTAH Arab Saudi melalui Kementerian Haji dan Umrah resmi membuka pendaftaran haji bagi warga negara asing (WNA) atau ekspatriat. Mereka yang diperbolehkan mendaftar adalah orang-orang yang sudah bermukim di Arab Saudi.

Mengutip dari Saudigazette, Selasa (7/7/2020), kondisi kesehatan yang baik menjadi syarat utama jika ingin melaksanakan ibadah haji tahun ini. Jamaah harus memenuhi semua syarat dan benar-benar lolos protokol kesehatan pencegahan virus corona (covid-19).

Baca juga: Arab Saudi Buka Pendaftaran Haji, 70% Diisi Ekspatriat 

Hanya para WNA yang berusia 20 hingga 50 tahunan, tidak menderita penyakit kronis, serta belum pernah berhaji yang diperbolehkan mendaftar.

Para pendaftar juga harus menyatakan tidak memiliki penyakit diabetes, tekanan darah, penyakit jantung, dan penyakit pernapasan.

Kemudian mereka tidak terinfeksi virus corona atau menunjukkan gejalanya. Calon jamaah haji wajib menyertakan sertifikat sehat setelah menjalani tes medis polymerase chain reaction (PCR).

Para pendaftar juga harus menyetujui perjanjian akan melakukan karantina mandiri selama 14 hari sebelum dan setelah berhaji. Mereka wajib memberikan informasi ke Kementerian Kesehatan setiap hari melalui aplikasi mobile sesuai protokol yang disetujui.

Baca juga: Tenaga Medis dan Petugas Keamanan di Arab Saudi Dapat Hadiah Berhaji 

Sebagaimana diberitakan, dari total kuota 10.000 jamaah haji tahun ini, 70 persen akan diisi warga negara asing atau ekspatriat yang telah berada di Arab Saudi. Sedangkan jamaah haji lokal mendapat kuota 30 persen.

Pendaftaran calon jamaah haji tahun ini untuk WNA dilakukan melalui daring di alamat situs localhaj.haj.gov.sa. Dimulai sejak Senin kemarin hingga Jumat 10 Juli. Hasilnya akan diumumkan pada Minggu 12 Juli.

Hasil pendaftaran akan dikirim ke calon jamaah haji melalui pesan teks nomor ponsel yang didaftarkan via aplikasi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan bahwa pendaftaran melalui jalur elektronik ini merupakan tahap awal. Tahap selanjutnya bakal dijalani setelah penerbitan persetujuan usai memastikan pendaftar memenuhi semua syarat kesehatan dan standar peraturan.

Mereka juga menyatakan pendaftar melalui aplikasi akan dianggap batal jika tidak memenuhi persyaratan kesehatan atau peraturan lainnya. Petugas berhak membatalkan persetujuan kapan saja jika menemukan perbedaan dalam informasi yang diberikan.

Baca juga: Arab Saudi Keluarkan Protokol Kesehatan Haji, Jamaah Dilarang Sentuh Kakbah 

Ilustrasi jamaah haji. (Foto: Dok Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini