Share

Al-Jouf, Situs Peradaban Kuno Warisan Kaum Tsamud

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 615 2242587 al-jouf-situs-peradaban-kuno-warisan-kaum-tsamud-0lXnK1TdMK.JPG Kawasan Al-Jouf, situs sejarah peradaban kuno era Kaum Tsamud (Foto: Saudigazette)
A A A

AL-JOUF merupakan salah satu daerah terkaya di Arab Saudi dengan situs arkeologi dan warisan keragaman budaya dan sejarah yang menjadi harta karun terbesarnya.

Sumber kekayaan wilayah ini dapat disaksikan dari peninggalan bersejarah berupa ukiran batu dan prasasti yang ada sejak era Tsamud, Nabataean dan Yunani.

Keberagaman dan kekayaan alam yang disajikan Al-Jouf menjadikannya sebagai tujuan pilihan bagi wisatawan.

Tak hanya itu, dilansir dari Saudigazette, Selasa (7/7/2020), monumen bersejarah juga terdapat di wilayah ini, tepatnya di garis terdepan situs wisata ini yang termasuk pemukiman manusia tertua di desa warisan Al-Shoihaitia yang telah dibangun sejak zaman batu tua.

Runtuhnya Al-Rajajeel, dan merupakan warisan era Islam, di mana ada Masjid Omar bin Al-Khattab, dan lingkungan Al-Diriyah dan Al-Dilaa yang sudah berusia 200 tahun dengan bangunan-bangunan dari batu berlorong-lorong sempit.

Baca juga: Perempuan Ini Hafalkan Alquran dari Balik Dinding Penjara

Masjid ini terletak di Kota Dumat Al-Jandal, di persimpangan utama dari rute perdagangan kuno yang menghubungkan Mesopotamia, Suriah, dan Semenanjung Arab.

Terdapat pula banyak benteng dan istana bersejarah seperti Kastil Marid di Dumat Al-Jandal, Kasti Zubal di Sakaka, Istana Kaf dan Jabal Al-Saeedi di Al-Qurayyat, serta Istana Nabata.

Kasti Marid adalah sebuah kastil raksasa di puncak gunung, dengan memiliki dinding kokoh dari lumpur dan batu yang dihiasi dengan hiasan-hiasan unik alami.

Sejauh ini, Al-Jouf telah mendapatkan keuntungan besar dari hamparan padang pasirnya dan hadirnya danau Dumat Al-Jandal. Di tengah bukit pasir yang telah menjadi lokasi wisata itu, kini danau tersebut telah berubah menjadi resor laut dengan luas yang diperkirakan lebih dari satu juta meter persegi, dengan banyaknya perahu dan sepeda air yang menawarkan pengalaman wisata yang unik.

Sementara itu, di tepiannya juga disediakan area tempat duduk yang tersebar merata di lahan seluas 14.000 meter persegi.

Al-Jouf memiliki beberapa taman liar, seperti Taman Lajjah di padang pasir Great Nafud di Dumat Al-Jandal, Taman Gunung Qara di Sakaka, dan Taman Al-Khozami dengan lingkungan alamnya yang terletak jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota. Sedangkan Taman Al-Nakheel dan Al-Khozami terletak di jantung kota Sakaka.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Wilayah Al-Jouf dianggap sebagai salah satu daerah tersubur di Arab Saudi, dengan kota Tabarjal yang memiliki julukan “keranjang makanan Saudi” karena kaya akan hasil panennya yang begitu beragam.

Wilayah ini terkenal dengan pertanian tradisional dan juga modern, dengan proyek pertanian berjumlah 12.000 bibit yang diantaranya zaitun, kurma, jeruk dan almond, serta berbagai tanaman sayuran lainnya.

Lokasi lainnya, yakni Wadi Al-Sarhan, merupakan wilayah pedesaan yang luas. Al-Jouf juga ramah akan hewan di mana area ini menjadi salah satu jalur alami bagi burung-burung yang kerap bermigrasi.

Baca juga: Unik, Sajadah Ini Bisa Tuntun Anak Belajar Sholat

Karenanya, para pecinta burung pasti menemukan kesenangan mengamati cagar alam Harra Al Hurra, yakni tempat burung-burung bermigrasi berkumpul di utara dan selatan. Cagar ini menjadi wilayah perlindungan bagi burung karena aksesnya yang tertutup bagi para pemburu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini