Share

5 Amalan agar Kuat Menghafal, Di Antaranya Minum Madu dan Bersiwak

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 330 2243224 5-amalan-agar-kuat-menghafal-di-antaranya-minum-madu-dan-bersiwak-5USjvxaodJ.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
A A A

KETUA Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur, Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan, dalam proses menghafal sesuatu seperti Alquran atau pelajaran umum dan agama harus disertai dengan amalan-amalan khusus supaya dilancarkan.

"Ada banyak amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam untuk memperkuat hafalan," ujarnya saat dihubungi Okezone belum lama ini.

Amalan yang dimaksud antara lain:

1. Menghafal saat malam Jumat. Pada waktu tersebut banyak sekali keutamaan, termasuk saat yang tepat untuk menghafal, yaitu tepatnya selepas membaca Surah Yasin dan Al-Kahfi atau surah Alquran lainnya.

2. Bangun di sepertiga malam, seperti sholat tahajud dan hajat. Pada waktu tersebut adalah saat yang tepat, di mana doa-doa diijabah oleh Allah.

Baca juga: Mengenal Kamal Ismail, Arsitek Masjidil Haram yang Menolak Bayaran Sepeser Pun

3. Menjaga wudhu juga jadi hal penting untuk menjaga hafalan. "Apalagi ditambah dengan wudhu (selalu berwudhu) dan tidak pernah kena hadats artinya apabila batal wudhu ia wudhu dan wudhu lagi," katanya.

4. Kemudian meminum madu, hal ini juga dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam karena madu dapat ikut menjaga agar lidah tidak kaku saat melafalkan kalimat-kalimat yang dihafal.

"Dan madu juga bisa meningkatkan energi, karena orang yang menghafal itu kan butuh konsentrasi tinggi, sehingga banyak mengeluarkan energi. Nah madu bisa meningkat energi kita," ucapnya.

Keutamaan madu baik untuk membantu hafalan juga dijelaskan dalam Kitab Ta'lim Muta'allim Bab 12, bahwa minum madu bisa memudahkan kita dalam menghafal.

والسواك وشرب العسل وأكل الكندر مع السكر وأكل إحدى وعشرين زبيبة حمراء كل يوم على الريق يورث الحفظ ويشفى من كثير من الأمراض والأسقام، وكل ما يقلل البلغم والرطوبات يزيد فى الحفظ، وكل ما يزيد فى البلغم يورث النسيان.

Artinya: "Bersiwak, minum madu, makan kandar (kemenyan putih), bercampur gula dan menelan buah zabib (kismis) merah 21 butir setiap hari, kesemuanya dapat mempermudah hafal lagi dapat mengobati berbagai macam penyakit. Segala sesuatu yang bisa mengurangi pelendiran dahak dan mengurangi pelemakan kulit badan yang diakibatkan terlalu banyak makan, adalah juga bisa memperkuat hafalan. Sesuatu yang memperbanyak lendir dahak, akan membuat orang jadi pelupa,"

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Terakhir adalah menjauhi maksiat. Sebab salah satu penghalang masuknya ilmu adalah maksiat. Seperti ditulis dalam kitab Ta'lim Muta'allim di bab yang sama, yaitu:

ويكثر الصلاة على النبى عليه السلامفإن الحفظ فضل مــــــــن الله وفضل الله لا يعطى لعاصـــــى

Artinya: "Dan dengan banyak membaca shalawat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam karena sholawatlah yang menjadi zikir seluruh alam. 'Syi’ir disebutkan: Aku laporkan kepada (Imam) Waki’ (bahwa) hafalanku lemah. Ia memberi petunjuk agar kutinggalkan perilaku maksiat. Hafalan itu, sebagai anugerah dari sisi Tuhan. Orang yang maksiat tak diberi anugerah dari Tuhan,".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini