Share

4 Amalan yang Bisa Mengundang Cinta Kasih Allah

Rabu 08 Juli 2020 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 330 2243246 4-amalan-yang-bisa-mengundang-cinta-kasih-allah-6moCFQw3pA.jpg ilustrasi (stutterstock)
A A A

MANUSIA paling bahagia adalah mereka yang bisa mendapatkan cinta Allah SWT. Dengan demikian, maka hidup akan senantiasa lebih tenang dan diliputi hikmah serta kebahagiaan yang hakiki.

Bagaimana cara mendapatkan cinta kasih Allah?

Pengasuh Pondok Pesantren Kota Alif Lam Mim Surabaya juga dosen UIN Sunan Ampel, KH Ahmad Imam Mawardi dalam artikel di kolom jaringansantri.com menulis, ada empat hal yang kalau dilakukan seseorang maka Allah akan memberikan cinta dan anugerah rahmat-Nya kepada hamba itu, sebagaimana dituturkan oleh Syekh Hasan Bashri.

“Mari kita cermati bersama, renungkan dan bermuhadabah bersama sambil bertanya apakah kita termasuk di dalamnya,” tulis Ahmad Imam Mawardi.

Pertama adalah bersikap baik dan lembut memperlakukan orang tua.

Jangan pernah bersikap keras kepada leduanya. Beliau berdua, bagaimanapun, adalah perantara kita untuk tiba di dunia ini. Mereka telah menanggung susah dan derita, sakit dan gelisah membesarkan dan mendidik kita.

Baca juga:  5 Amalan agar Kuat Menghafal, Di Antaranya Minum Madu dan Bersiwak

Bahagiakanlah mereka, ada cinta Allah untuk kita jika kita mampu membahagiakan orang tua kita. Ayat dan hadits serta contoh teladan telah banyak dipaparkan berkenaan dengan hal ini.

Kedua adalah bersikap baik dan lembut dalam memperlakukan orang-orang yang berada dalam kekuasaannya.

Anak buah kita dan para pembantu kita adalah manusia yang memiliki hati dan perasaan. Lebih dari itu, sadarilah bahwa mereka adalah hamba Allah yang diciptakan oleh Allah dan dimuliakan olehNya. Bukankah ayat Alqur’an menyatakan seperti itu? Rasulullah tak pernah membentak dan menyakiti orang-orang yang membantu beliau.

Menyakiti hati manusia adalah menorehkan luka yang akan menjadi sejarah tak terlupa sepanjang hidup. Berhati-hatilah dan waspadalah.

 

Ketiga adalah menanggung atau memelihara anak yatim.

Siapa yang mampu menghapus sedih dan perasaan nestapa ank yatim dengan memelihara dan mengantarkannya pada kehidupan normal kemanusiaan, sungguh akan disukai Allah. Allah akan tersenyum penuh cinta.

Allah akan mengangkatnya menjadi manusia berderajat mulia bahagia di dunia dan di akhirat. Bukankah Rasulullah bersabda bahwa beliau akan dekat dengan pemelihara anak yatim di akhirat kelak?

Keempat adalah membantu orang yang lemah.

Jangan biasa memandang orang lemah sebagai orang hina. Jangan biasa memandang orang lemah sebagai obyek yang bisa dikalikan dengan sejumlah rupiah dalam hitungan proyek. Jangan-jangan merekalah pemilik doa yang mustajab, pemilik hati yang lekat dan dekat dengan Allah.

Kalau disimpulkan adalah bahwa yang memiliki peluang meraih cinta Allah aalah mereka yang memiliki semangat dan kerja kemanusiaan yg baik. Kita bisa termasuk di dalamnya, bukan?

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini