Share

Makhluk Ini Penggali Sumur Zamzam yang Tak Pernah Kering Sepanjang Zaman

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 614 2244411 makhluk-ini-penggali-sumur-zamzam-yang-tak-pernah-kering-sepanjang-zaman-nxdYnqaBwe.jpg Sumur Zamzam di Museum Imarat Al Haramain Asy Syarifain, Makkah (Okezone.com/Rani Hardjanti)
A A A

SUMUR zamzam sejak kali pertama ditemukan hingga kini tidak pernah habis airnya. Air zamzam penuh berkah dan banyak manfaat. Zamzam adalah air terbaik di muka bumi, salah satu kekuasaan Allah. Itu tertulis dalam Taurat dan Alquran.

Lalu siapa sebenarnya yang menggali zamzam pertama kali? Apakah benar akibat Nabi Ismail menangis kemudian menghentak-hentakan kakinya ke tanah, sehingga munculah semburan air di tengah gurun pasir Hijaz yang kering kerontang.

Ketua Program Pendidikan Manhaj Istinbath Fatwa Lembaga Dakwah Thariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah (LDTQN) Pondok Pesantren Suryalaya, Jakarta, Ustadz Rakhmad Zailani Kiki menuturkan, sumur zamzam pertama kali digali oleh malaikat Jibril dan airnya diberikan kepada Siti Hajar.

Baca juga: Tampil Gemilang di Manchester United, Paul Pogba Lebih Bahagia Usai Memeluk Islam

Disebutkan oleh Imam al Bukhari dalam Shahihnya, dari Ibnu ‘Abbas. Suatu hari ketika berada di Makkah, Nabi Ibrahim menempatkan istrinya Hajar dan anaknya Ismail di sekitar pondasi Kakbah, di salah satu pohon besar tepatnya di atas sumur zamzam.

“Waktu itu, tidak ada seorangpun di Makkah, melainkan mereka bertiga. Setelah Nabi Ibrahim Alaihissalam meletakkan kantong berisi kurma dan air, dia beranjak pergi,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (10/7/2020).

Namun Siti Hajar pun mengikuti Nabi Ibrahim sambil mengatakan, ”Wahai Ibrahim, kemanakah engkau akan pergi dengan meninggalkan kami sendiri di tempat yang tiada manusia lain, atau yang lainnya?”

Pertanyaan itu ia ulangi terus, tetapi Nabi Ibrahim tidak menengok kepadanya. Sampai akhirnya Hajar berseru kepadanya,”Apakah Allah yang menyuruhmu melakukan hal ini?”

“Ya,” jawab Nabi Ibrahim.

“Kalau begitu, Allah tidak akan menyengsarakan kami,” kata Hajar.

Baca juga: Gua Hira, Saksi Bisu Perjuangan Rasulullah Menerima Wahyu

Kemudian kembalilah Hajar ke tempatnya, dan Nabi Ibrahim terus melanjutkan perjalanannya. Sesampainya di Tsaniyah -jalan bebukitan, arah jalan ke Kada`. Lalu Nabi Ibrahim menghadap ke arah Baitullah, dan mengangkat kedua tanganny, berdoa:

رَّبَّنَآ إِنِّىٓ أَسْكَنتُ مِن ذُرِّيَّتِى بِوَادٍ غَيْرِ ذِى زَرْعٍ عِندَ بَيْتِكَ ٱلْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ فَٱجْعَلْ أَفْـِٔدَةً مِّنَ ٱلنَّاسِ تَهْوِىٓ إِلَيْهِمْ وَٱرْزُقْهُم مِّنَ ٱلثَّمَرَٰتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

Rabbanā innī askantu min żurriyyatī biwādin gairi żī zar'in 'inda baitikal-muḥarrami rabbanā liyuqīmuṣ-ṣalāta faj'al af`idatam minan-nāsi tahwī ilaihim warzuq-hum minaṡ-ṡamarāti la'allahum yasykurụn

Artinya: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan kami, (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat. Maka jadikanlah qalbu sebagian manusia cenderung kepada mereka, dan beri rizkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur” (QS. Ibrahim: 37).

Kemudian Hajar menyusui Ismail, dan minum dari kantong air yang ditinggalkan Nabi Ibrahim. Hingga akhirnya air itu pun habis, dan anaknya kehausan. Dia melihat anaknya dengan penuh cemas, karena terus menangis.

Hajar lari tujuh kali bolak balik antara bukit Shafa dan Marwah untuk mencari sumber air, hingga akhirnya air muncul dari balik mata kaki Ismail yang dibaringkan di tanah. Air itulah dinamakan zamzam. Sumur zamzam sempat tertutup ratusan tahun, sebelum digali kembali oleh Abdul Muthalib, kakek Nabi Muhammad SAW.

Sementara peristiwa larinya Hajar antara Shafa-Marwah diabadikan dalam Alquran dan menjadi rukun ibadah haji serta umrah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini