Share

Jumat Pagi Awali dengan Baca Surah Al Kahfi, Keutamaannya Sangat Besar

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 616 2244067 jumat-pagi-awali-dengan-baca-surah-al-kahfi-keutamaannya-sangat-besar-4IVBvjhr4j.jpg Tadarus Alquran. (Foto: Okezone)
A A A

HARI Jumat pagi jangan lupa diawali dengan mengamalkan baca Surah Al Kahfi. Keutamaan melimpah bakal diraih bila melaksanakan sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam ini. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

"Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Baca juga: Kisah Nabi Menyuruh Diet Sahabat Ali bin Abi Thalib 

Beliau Shallallahu alaihi wa sallam juga berkata:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

"Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Diterangkan pula bahwa kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala akan membuat orang yang membaca Surah Al Kahfi dilindungi dari fitnah Dajjal.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menkelaskan:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

"Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal." (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

Baca juga: Karim Benzema Kepincut Pengobatan ala Rasulullah 

Mari awali Jumat pagi ini dengan mengamalkan sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam membaca Al Kahfi yang merupakan surah ke-18 di dalam kitab suci Alquran dan berisi 110 ayat.

Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala selalu memudahkan semua Muslimin membaca Surah Al Kahfi, serta beramal salih sesuai tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Amin.

Wallahu a'lam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini