Share

Kembalikan Hagia Sophia Jadi Masjid, Erdogan: Pintunya Terbuka untuk Semua Orang

Minggu 12 Juli 2020 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 614 2245032 kembalikan-hagia-sophia-jadi-masjid-erdogan-pintunya-terbuka-untuk-semua-orang-h4Fq5IbB1S.jpg Hagia Sophia. (Foto: Unsplash)
A A A

PRESIDEN Turki Recep Tayyip Erdogan telah resmi mengembalikan fungsi bangunan bersejarah Hagia Sophia menjadi masjid. Sholat perdana pun akan diselenggarakan mulai 24 Juli 2020.

Erdogan menyatakan Hagia Sophia akan tetap terbuka untuk semua orang, Muslim dan non-Muslim, termasuk warga negara asing.

Baca juga: Erdogan Tanda Tangani Dekrit Perubahan Hagia Sophia Jadi Masjid 

"Seperti semua masjid kami, pintu Hagia Sophia akan terbuka untuk semua, penduduk lokal dan asing, Muslim dan non-Muslim," jelas Erdogan dalam pidatonya, seperti dilansir Reuters, Sabtu 11 Juli 2020.

Hagia Sophia. (Foto: Istimewa)

Ia berusaha mengubah Islam menjadi arus utama politik Turki dalam 17 tahun kepemimpinannya. Erdogan sudah lama ingin memulihkan status masjid dari bangunan abad keenam itu yang diubah menjadi museum ketika masa kepemimpinan Mustafa Kemal Ataturk.

"Melalui putusan pengadilan ini, dan dengan langkah-langkah yang kami ambil sejalan dengan putusan ini, Hagia Sophia menjadi masjid lagi, setelah 86 tahun, seperti yang diinginkan Fatih, penakluk Istanbul," kata Erdogan, dikutip dari Sindonews.

Dalam sebuah penuturan tentang sejarah saat-saat kritis terhadap Kekaisaran Bizantium dan pendiri republik Turki modern, Erdogan mengatakan; "Turki sekarang dapat meninggalkan kutukan Allah, (mendapatkan) keuntungan dan malaikat yang dikatakan Fatih—Sultan Ottoman Mehmet II."

Baca juga: Sejarah Hagia Sophia: Simbol Keagamaan hingga Politik di Turki 

Sebelumnya pada Jumat 10 Juli 2020, Erdogan menandatangani dekrit yang menjadi dasar hukum perubahan status Hagia Sophia di Kota Istanbul dari museum menjadi masjid. Pengadilan Turki pun membatalkan status museum bangunan ikonik tersebut yang memungkinkan situs budaya dunia ini kembali difugsikan menjadi masjid.

Mengutip dari BBC, bangunan berusia 1.500 tahun ini dahulu adalah katedral. Katedral itu diubah menjadi masjid ketika Kekhalifahan Utsmaniyah (Kekaisaran Ottoman) merebut Kota Istanbul pada 1453, lalu diubah menjadi museum pada 1934.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hagia Sophia dibangun pada abad keenam atas perintah Kaisar Bizantium, Justinian I. Bangunan tersebut merupakan katedral terbesar di dunia selama hampir 1.000 tahun.

Baca juga: Ini Alasan Betapa Pentingnya Hagia Sophia 

Hagia Sophia. (Foto: Unsplash)

Presiden Erdogan menyerukan agar Hagia Sophia diubah menjadi masjid selama kampanye pemilu tahun lalu.

Kelompok Islamis di Turki telah lama menyerukan agar bangunan itu dikonversi menjadi masjid, tetapi kelompok oposisi yang berhaluan sekuler menentang langkah tersebut.

Baca juga: Erdogan Umumkan Sholat Perdana di Hagia Sophia Digelar 24 Juli 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini