Share

Bangun Kesiangan Belum Sholat Subuh, Apa yang Harus Dilakukan?

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 18 Juli 2020 00:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 330 2248200 bangun-kesiangan-belum-sholat-subuh-apa-yang-harus-dilakukan-jneqbDSvOB.jpg ilustrasi (stutterstock)
A A A

SHOLAT Subuh termasuk sholat yang sulit dikerjakan karena waktunya saat orang lagi enak-enaknya tidur. Tapi, Allah SWT menjanjikan pahala lebih besar bagi orang yang menunaikannya.

Waktu Sholat Subuh tergolong singkat karena dari mulai munculnya fajar hingga sesaat sebelum terbit matahari. Sering kali orang melewatkan Sholat Subuh karena tidak sanggup bangun. Bahkan kadang sudah menyetel alarm, tapi masih saja tidak bangun.

Lalu, bagaimana jika bangun kesiangan dan belum sholat subuh?

Islam memberi keringanan sholat jika seseorang ada udzurnya. Tidak sadar diri atau ketiduran termasuk udzur, asal jangan sengaja tidur biar lewat Sholat Subuh. Jika memang ketiduran beneran dan bangun kesiangan, maka ketinggalan Sholat Subuh dimaafkan.

Baca juga: Ini Amalan Syekh Ali Jaber agar Rezeki Mengalir Deras

Tapi, tetap wajib dikerjakan begitu terbangun, walau pun kesiangan. Ibarat utang, jadi harus dilunasi walau pun telat.

"Jika terbangun dan kesiangan sholat subuh. Anda harus segera berwudhu dan salat. Jangan bangun tidur, ngopi, wudhu baru sholat," kata pendakwah Ustadz M. Najmi Fathony kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا رَقَدَ أَحَدُكُمْ عَنِ الصَّلاَةِ أَوْ غَفَلَ عَنْهَا فَلْيُصَلِّهَا إِذَا ذَكَرَهَا فَإِنَّ اللَّهَ يَقُولُ أَقِمِ الصَّلاَةَ لِذِكْرِى

“Jika salah seorang di antara kalian tertidur atau lalai dari sholat, maka hendaklah ia sholat ketika ia ingat. Karena Allah berfirman (yang artinya), “Kerjakanlah sholat ketika ingat.”

Nah, jika setelah bangun kesiangan terus masih malas-malasan tidak mau Sholat Subuh, itu sudah masuk perbuatan maksiat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini