Share

Putri Arab Saudi Terpilih Jadi Anggota Komite Olimpiade

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 00:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 19 614 2248816 putri-arab-saudi-terpilih-jadi-anggota-komite-olimpiade-yXDYB4Y093.JPG Putri Reema binti Bandar Al-Saud (Foto: Instagram/@rbsalsaud)
A A A

JUMAT lalu menjadi momen bersejarah bagi Reema binti Bandar Al-Saud. Wanita yang telah menjadi duta besar perempuan pertama di Arab Saudi ini pun baru saja terpilih menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC).

“Saya merasa terhormat telah dipilih sebagai anggota IOC. Terima kasih kepada Raja Salman, Putra Mahkota HRH, dan Pangeran Abdul Aziz bin Turki Al-Faisal selaku presiden Komite Olimpiade Arab Saudi atas dukungannya. Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk melayani kelompok-kelompok dalam olahraga universal. @jocmedia @saudiolympic,” ujar sang putri di akun Twitter resminya, dilansir dari Arab News, Minggu, 19 Juli 2020.

Sesi ke-136 dari IOC yang diketuai oleh Dr. Thomas Bach diadakan pada hari Jumat dan memilih Putri Reema sebagai wanita Saudi pertama yang dipercaya memegang jabatan ini.

Putri Reema adalah yang ketiga dalam posisi ini setelah sebelumnya diisi oleh mendiang Pangeran Faisal bin Fahd bin Abdulaziz Al Saud (1983-1999), dan Pangeran Nawwaf bin Faisal bin Fahd Al Saud (2001-2014).

Baca juga: Umar bin Khattab, Pentolan Quraisy yang Masuk Islam karena Tersentuh Ayat Alquran

Tak hanya itu, yang ikut terpilih sebagai anggota Komite IOC yaitu Sebastian Coe, Kepala World Athletics, mantan Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic, anggota dewan Komite Olimpiade Kuba (COC) Maria de la Caridad Colon Ruenes dan penjabat presiden Komite Olimpiade Nasional Mongolia, Battushig Batbold.

Putri Reema telah menjadi duta besar Arab Saudi untuk AS sejak Februari 2019 dan merupakan wanita pertama yang memegang jabatan duta besar bagi Arab Saudi. Ia berkuliah di Universitas Geroge Washington, hingga dinyatakan lulus dan memperoleh gelar sarjana dalam studi museum.

Sebelumnya di Oktober 2018, ia diangkat menjadi Presiden Federasi Massa, dan menjadikannya wanita pertama yang memimpin federasi multi-olahraga di Kerajaan, peran yang ia duduki sampai akhirnya ditunjuk sebagai duta besar Arab Saudi di AS.

Sejak 2017, Putri Reema telah menjabat sebagai anggota dewan penasihat Bank Dunia untuk Inisiatif Keuangan Pengusaha Wanita. Ia telah menjadi anggota Komite Olimpiade Arab Saudi di tahun 2017 dan anggota IOC pada Komisi Olahraga Perempuan sejak tahun 2018.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal, selaku Presiden Komite Olimpiade Arab Saudi (SAOC), berterima kasih kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman atas dukungan berkelanjutan mereka untuk semua olahraga, baik secara internal maupun eksternal.

Ia juga turut mengucapkan selamat kepada Putri Reema atas keberhasilannya. Pangeran Abdulaziz menyebut bahwa hal itu menegaskan kemampuan perwakilan olahraga Saudi untuk hadir di tingkat internasional dalam organisasi seperti IOC, yang merupakan otoritas olahraga tertinggi di dunia.

Di mana ia bersama dengan para rekannya, dapat mempromosikan nilai-nilai olimpiade di negerinya sendiri, Arab Saudi dan dunia internasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini