Share

Ini Waktu Pelaksanaan Sholat Idul Adha

Hantoro, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 614 2249569 ini-waktu-pelaksanaan-sholat-idul-adha-MtNutklN7G.jpg Ilustrasi Sholat Idul Adha. (Foto: Okezone)
A A A

TIDAK lama lagi umat Islam di seluruh negara akan merayakan Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi. Berbagai prosesi ibadah bakal dilaksanakan pada momen puncak ibadah haji ini. Di antaranya Sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

Terkait pelaksanaan Sholat Idul Adha, hukumnya adalah sunnah muakkad, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Sholat Idul Adha boleh dikerjakan berjamaah maupun sendirian.

Baca juga: Seseorang Dipaksa Berkurban, Ini Penjelasan Ustadz 

Bagi Muslimin yang tidak sedang menunaikan ibadah haji hendaknya mengerjakan Sholat Idul Adha secara berjamaah. Sedangkan untuk mereka yang sedang berhaji sebaiknya melakukan Sholat Idul Adha sendiri-sendiri.

Mengutip dari Lirboyo, Selasa (21/7/2020), waktu mengerjakan Sholat Idul Adha dimulai sejak terbitnya matahari pada tanggal 10 Zulhijah sampai masuknya waktu Zuhur pada hari tersebut. Sebelum berangkat ke lokasi Sholat Idul Adha, disunahkan mandi.

Setelah disunahkan berhias dan mengenakan pakaian yang bagus, serta memakai wewangian. Lalu sebelum Sholat Idul Adha dianjurkan untuk tidak makan terlebih dahulu, disunahkan makan setelah menunaikan sholat.

Kemudian bertakbir ketika hendak Sholat Idul Adha atau dalam perjalanan.

Baca juga: Yuk Simak Hukum dan Waktu yang Tepat dalam Berkurban 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sedangkan Sholat Idul Adha dilaksanakan dalam dua rakaat. Rakaat pertama diawali takbiratul ihram ditambah tujuh kali takbir.

Baca juga: Ingat! Patuhi Protokol Kesehatan saat Sholat Idul Adha dan Penyembelihan Kurban 

Ilustrasi Sholat Idul Adha. (Foto: Istimewa)

Sedangkan rakaat kedua sebanyak lima kali takbir. Setiap setelah takbir tersebut, baik dalam rakaat pertama maupun kedua, disunahkan membaca tasbih:

سُبْحَانَ اللَّهِِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِِ وَلَا إلَهَ إلَّااللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ

Subhanallah walhamdulillah walailaha illallah wallahu akbar

Artinya: "Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah dan tiada Tuhan selain Allah dan Allah Mahabesar."

Kemudian dilanjutkan sholat seperti biasa hingga diakhiri salam.

Wallahu a'lam.

Baca juga: Sidang Isbat Tentukan 1 Zulhijah 1441H Digelar 21 Juli 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini