Share

Mencontoh Nabi Idris: Salih, Cinta Ilmu, Tekun Belajar, Sangat Sabar

Ade Naura, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 614 2250762 mencontoh-nabi-idris-salih-cinta-ilmu-tekun-belajar-sangat-sabar-YeYRNIWAl6.jpg Ilustrasi tanah Arab. (Foto: Shutterstock)
A A A

SERING sekali ketika masih kecil mendengar cerita atau kisah tentang nabi-nabi. Tentu dibahas pula mengenai sifat-sifat terpuji yang dilakukan semasa hidup para nabi dan rasul.

Salah satu nabi yang bisa dijadikan contoh dan diteladani adalah Nabi Idris Alaihissalam. Perbuatan baiknya bisa diikuti untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Masjid An Nur Dili, Tempat Berlindung ketika Krisis Timor Leste 

Banyak sifat teladan yang dimiiki oleh Nabi Idris Alaihissalam. Ia senantiasa bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, dan dalam keadaan apa pun.

Dalam menjalankan ibadah, Nabi Idris sangat ikhlas menjalankannya. Ikhlasnya beliau menjalankan ibadah seperti sholat dan puasa terlihat ketika menyambut seruan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Nabi Idris selalu menghindari sifat hasad atau dengki. Selain itu, beliau juga selalu menerapkan bahwa memiliki banyak barang atau harta tidak ada manfaatnya. Milikilah apa yang dibutuhkan, gunakan secukupnya agar tidak menjadi berlebihan dan mubazir.

Baca juga: Yuk Tunaikan Sholat Fajar, 4 Keutamaan Besar Menanti 

"Beliau juga selalu mencoba mengisi kehidupannya dengan hikmah dan kebijaksanaan," ungkap Ustadz Rakhmad Zailani Kiki, ketua Program Pendidikan Manhaj Istinbath Fatwa Lembaga Dakwah Thariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah (LDTQN) Ponpes Suryalaya Jakarta, kepada Okezone.

"Keteladan dari Nabi Idris Alaihissalam antara lain cinta ilmu pengetahuan, tekun belajar, sabar, dan salih. Kesabaran dan kesalihan Nabi Idris Alaihissalam diabadikan dalam Alquran Surah Al Anbiya Ayat 85 sampai 86," lanjut Ustadz Rakhmad.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَإِسْمَٰعِيلَ وَإِدْرِيسَ وَذَا ٱلْكِفْلِ ۖ كُلٌّ مِّنَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Artinya: "Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris, dan Zulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar." (QS Al Anbiya: 85)

وَأَدْخَلْنَٰهُمْ فِى رَحْمَتِنَآ ۖ إِنَّهُم مِّنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Artinya: "Kami telah memasukkan mereka ke dalam rahmat Kami. Sesungguhnya mereka termasuk orang-orang yang salih." (QS Al Anbiya: 86)

Wallahu a'lam.

Baca juga: Umar bin Khattab, Pemimpin Adil Penakluk Romawi dan Persia 

Ilustrasi tanah Arab. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini