Share

Ini Lho Keistimewaan Orang yang Meninggal dalam Keadaan Sujud

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 614 2250939 ini-lho-keistimewaan-orang-yang-meninggal-dalam-keadaan-sujud-ysYFnuvSqt.jpg ilustrasi (stutterstock)
A A A

SEORANG pria ditemukan meninggal dunia di tengah gurun pasir di Arab Saudi dalam posisi sujud seperti saat sholat. Pria bernama Dhuwaihi Hamoud Al Ajaleen (40), warga Wadi Al Dawasir, Riyadh, Arab Saudi itu sebelumnya dilaporkan hilang.

Kasus meninggal dalam keadaan sujud juga pernah terjadi di Indonesia. pada Juni 2017 misalnya, seorang bernama Izhar Moezalir meninggal dalam posisi sujud saat sholat tawarih di Masjid Al Ittihad, Tebet, Jakarta Selatan.

Baca juga: Subhanallah, Lelaki Ini Meninggal dalam Keadaan Sujud di Gurun Pasir

Menurut Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin, orang yang meninggal dalam keadaan sujud bisa dikatakan ia pergi dalam posisi menyembah Allah Subhanahu wa ta’ala.

“Dia dalam posisi menyembah Allah, dalam keadaan menghamba dan tunduk pada Allah melalui sujud dalam sholat ataupun sujud dalam ketertundukan, pastinya badan, jiwa dan hatinya tertuju dan tetkonsentrasi pada ibadah pada Allah SWT,” katanya saat dihubungi Okezone, Kamis (23/7/2020).

Meninggal dunia dalam posisi sujud merupakan sebuah karunia dan takdir yang istimewa, tidak semuanya mendapatkan kesempatan menghadap Allah seperti dalam posisi sholat.

“Meninggal dunia dengan posisi sujud, khususnya dalam sholat, begitu indah dan sangat jarang, kecuali atas izin Allah SWT,” terangnya.

Rasulullah bersabda:

الشُّهَدَاءُ خَمْسَةٌ الْمَطْعُونُ وَالْمَبْطُونُ وَالْغَرِقُ وَصَاحِبُ الْهَدْمِ وَالشَّهِيدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

Artinya:“Orang yang mati syahid itu ada lima; orang yang meninggal karena penyakit tha’un, sakit perut, tenggelam, orang yang kejatuhan (bangunan atau tebing) dan meninggal di jalan Allah.” (HR. Bukhari)

“Orang sujud berarti orang yang meninggal dengan alamat husnul khatimah, alamat yang baik dan indah, dimana orang yang menyaksikan keadaanya ketika sujud dan wafat, pasti akan bersaksi indah dan penuh kebaikan, bahwa fulan meninggal karena sujud kepada Allah semata,” pungkas Ainul Yaqin.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini