Share

Saksikan Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia live di iNews

Rizka Diputra, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 07:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 614 2251309 saksikan-sholat-jumat-perdana-di-hagia-sophia-live-di-inews-gJlDfSyzwG.jpg Hagia Sophia (Foto: Hurriyet Daily News)
A A A

UMAT Islam akan menggelar Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia, Istanbul, Turki hari ini, Jumat (24/7/2020). Pelaksanaan Sholat Jumat perdana ini sekaligus menandai pembukaan Hagia Sophia untuk umat muslim beribadah.

"Saya mengundang semua orang untuk menghormati keputusan Hagia Sophia yang diambil oleh Badan Peradilan dan Eksekutif negara kita dan beribadah di sana pada 24 Juli," ucap Presiden Turki, Tayyip Erdogan belum lama ini.

Sholat Jumat nantinya akan digelar dengan mematuhi protokol kesehatan ketat sebagai bentuk pencegahan penularan virus corona atau Covid-19.

Para jamaah diwajibkan mengenakan masker, hand sanitizer serta sajadah akan dibagikan kepada seluruh jamaah saat tiba di Hagia Sophia, Kota Istanbul.

Baca juga: Erdogan Undang Pemimpin Dunia Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia

Sedangkan Kepala Direktorat Agama Turki, Ali Erba nantinya akan menjadi imam dalam Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia.

Live Jumatan di Hagia Sophia

Selama Sholat Jumat berlangsung, berbagai mosaik dan lukisan di Hagia Sophia akan ditutupi oleh tirai. Mekanisme tirai yang dipasang di sana serupa dengan yang digunakan dalam industri perfilman.

“Tidak ada satu pun paku yang digunakan saat memasang sistem tersebut,” ujar pihak pengelola gedung.

Momen bersejarah Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia ini akan disiarkan secara langsung oleh iNews melalui program iNews Siang pada pukul 11.00 WIB. Terdapat narasumber yang akan dihadirkan yaitu Wakil Ketua Dakwah MUI, Ustadz Fahmi Salim dan Andika Rahman Nasution, seorang WNI di Istanbul, Turki yang akan melaporkan langsung jalannya Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini