Share

Arab Saudi Tidak Izinkan Para Pejabat Laksanakan Haji Tahun Ini

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 614 2252016 arab-saudi-tidak-izinkan-para-pejabat-laksanakan-haji-tahun-ini-CmgSLCSb9Q.jpg Menteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi Dr Muhammad Saleh Benten. (Foto: Saudigazette)
A A A

MENTERI Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi Dr Muhammad Saleh Benten mengatakan tidak akan ada pengecualian dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Ia menekankan bahwa tidak ada pejabat yang diizinkan melakukan ibadah haji.

"Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz memberikan perintah yang jelas untuk tidak memberikan pengecualian selama pelaksanaan ibadah haji tahun ini," kata Benten dalam pernyataan persnya, Jumat 24 Juli 2020, dikutip dari Saudigazette.

Baca juga: Jamaah Haji Gelombang Pertama dari Qassim Tiba di Jeddah 

Dia menegaskan bahwa semua pelaksanaan ibadah haji tahun ini telah dilaksanakan dengan cara yang jelas dan ketat untuk mencegah persebaran virus corona (covid-19). Langkah tersebut mulai karantina mandiri di rumah pada sebelum dan setelah berhaji hingga pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Terkait proses pemilihan jamaah haji tahun ini yang sangat terbatas, yakni hanya untuk 10.000 orang, Benten mengatakan semuanya melalui proses seleksi yang ketat.

"Sama sekali tidak ada campur tangan manusia dalam memilih jamaah yang berpartisipasi dalam haji tahun ini. Kami memiliki mekanisme yang transparan dan kuat," jelasnya.

Baca juga: Khotbah Wukuf Arafah Disiarkan secara Streaming dalam 10 Bahasa 

Ia pun memuji upaya yang dilakukan oleh semua unsur di Kerajaan Arab Saudi dalam menyelenggarakan prosesi haji tahun ini. Benten mengatakan semua pihak bekerja keras untuk memastikan jamaah haji sehat walafiat.

"Kerajaan telah bekerja menciptakan kondisi teraman bagi jamaah untuk memastikan keselamatannya sambil berusaha mencegah infeksi di antara jamaah," ungkapnya.

Masjidil Haram. (Foto: Shutterstock)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Setengah juta jamaah berada di Arab Saudi ketika pandemi covid-19 mulai terdeteksi pada Maret lalu. Tindakan pencegahan ketat langsung diberlakukan untuk mencegah persebaran infeksi yang lebih luas di Kota Makkah dan Madinah.

Benten menambahkan bahwa selama satu dekade terakhir, Arab Saudi melayani lebih dari 150 juta Muslim dari seluruh dunia yang melakukan ibadah haji dan umrah.

Baca juga: Bagaimana Sih Asal Mula Kalimat Talbiyah dalam Ibadah Haji? 

Masjidil Haram. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini