Share

Pasca-Renovasi, Masjid Istiqlal Kini Punya Wajah Baru Lebih Wah!

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 614 2252796 pasca-renovasi-masjid-istiqlal-kini-punya-wajah-baru-lebih-wah-OEh0EWuMKn.jpg Masjid Istiqlal, Jakarta (Foto: Okezone.com)
A A A

MASJID Istiqlal menjadi salah satu destinasi wisata religi di Indonesia. Terletak di Jakarta Pusat, bangunan bersejarah ini menjadi bagian saksi sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. 

Mulai dibangun pada 24 Agustus 1951, Istiqlal yang berarti merdeka, diprakasai oleh Presiden Ir. Soekarno dan dirancang oleh arsitek asal Samosir, Sumatera Utara, Friedrich Silaban.

"Ya, Istiqlal artinya merdeka," ujar Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Ustadz Abu Hurairah Abdul Salam saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Saat itu Masjid Istiqlal didesain dengan arsitektur bergaya modern, memiliki dinding dan lantai dilapisi marmer dan dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar.

Seperti masjid pada umumnya, Istiqlal juga memiliki kubah yang menjadi ciri khas dari bagian bangunan masjid di Indonesia. Selain itu terdapat kubah utama dan pendamping yang melambangkan dua prinsip saling berdampingan, yakni hablum minallah dan hablum minanas yang bermakna bahwa hubungan baik dengan Allah serta manusia selalu terjalin baik.

Baca juga: Masjid Istiqlal Tak Gelar Sholat Idul Adha, Imam Besar Mohon Maaf

Kemudian, Masjid Istiqlal memiliki menara dengan tinggi 6.666 cm, ketinggian tersebut juga terkandung makna yaitu melambangkan 6.666 ayat Alquran. Menariknya lagi, puncak menara masjid ini terbuat dari kerangka baja setinggi 30 meter, melambangkan 30 juz dalam Alquran.

lebih lanjut, di masjid ini juga terdapat tujuh gerbang yang diambil dari nama berdasarkan dari 99 Asmaul husna atau nama-nama Allah Subhanahu wa Ta’ala, yaitu Al Fattah, As Salam, Ar Rozzaq, Al Quddus, Al Malik, Al Ghaffar, dan Ar Rahman.

Setelah 41 tahun berdiri, Masjid Istiqlal direnovasi besar-besaran dan memiliki wajah baru yang lebih megah dan mewah.

Masjid terbesar se-Asia Tenggara ini dengan wajah barunya akan menampilkan kesah lebih elegan. Renovasi terdiri dari ruang utama sholat, tempat wudhu, hingga lahan parkir di mana saat ini Nampak lebih cantik dan indah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Seperti dikutip akun Instagram resmi Kementerian PUPR, Jakarta, Minggu, 27 Juli 2020, setelah direnovasi, Masjid Istiqlal kini menggunakan teknologi smart lighting dengan 3.600 titik lampu di ruang sholat utama.

Meski sangat terang, namun tidak akan membuat orang di dalamnya merasa silau, malah seakan-akan teduh.

Selanjutnya, pencahayaan kubah dalam memakai teknologi kekinian, yaitu dynamic white yang dapat berubah warna setiap hari. Sementara kubah luar mengimitasi warna cahaya bulan yang diatur dengan komputer.

Menariknya lagi, keistimewaan lainnya pada masjid ini adalah adanya lampu hemat energi yang digunakan dalam Istiqlal. Dapat diatur melalui aplikasi smartphone khusus dipegang oleh pengelola masjid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini