Share

Ini Urutan Ibadah Haji 2020 di Masa Pandemi Covid-19

Hantoro, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 614 2253926 ini-urutan-ibadah-haji-2020-di-masa-pandemi-covid-19-Die9beGIRi.jpg Jamaah haji tawaf mengelilingi Kakbah. (Foto: Shutterstock)
A A A

PELAKSANAAN ibadah haji 1441 Hijriah/2020 Masehi telah dimulai pada hari ini. Namun, prosesinya berbeda dengan sebelumnya. Tahun ini dipersingkat mengingat masih mewabahnya virus corona (covid-19) di banyak negara, termasuk negara.

Jamaah haji yang telah tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Kota Jeddah, langsung diantar ke Makkah menggunakan bus. Setiap pemberangkatan bus hanya diisi 12 sampai 15 jamaah untuk menerapkan jaga jarak sosial.

Baca juga: Hari Pertama Ibadah Haji, Jamaah Sudah Tiba di Mina 

"Jamaah ditempatkan di Hotel Four Point yang berada di wilayah Aziziyah. Per orang satu kamar. Kelengkapan lainnya sudah disiapkan Kementerian Haji Saudi, termasuk masker dan makanan," jelas Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali, Selasa 28 Juli 2020, dikutip dari Kemenag.go.id.

Setelah itu jamaah haji diberangkatkan ke Thaif pada 8 Dzulhijjah 1441 Hijriah atau Rabu 29 Juli 2020 Masehi untuk mengambil miqat dan berihram.

Selanjutnya jamaah haji diantar ke Masjidil Haram untuk Thawaf Qudum, kemudian ke Mina untuk menjalani proses Tarwiyah.

Lalu pada tanggal 9 Dzulhijjah 1441H pagi, atau bertepatan Kamis 30 Juli 2020, jamaah haji akan menuju Padang Arafah untuk menjalani puncak ibadah wukuf. Malamnya jamaah haji diantar ke Muzdalifah.

Pada tanggal 10 Dzulhijjah, atau bertepatan 31 Juli 2020 pagi, jamaah haji bergerak ke Jamarat untuk melakukan prosesi lempar Jumrah Aqabah.

Baca juga: Cegah Covid-19, Jamaah Haji Akan Dapat Sajadah Dalam Tas Tertutup dan Steril 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selanjutnya mereka menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan Thawaf Ifadlah. Setelah itu, jamaah haji ke Mina untuk menginap (mabit) selama hari Tasyriq.

"Thawaf Wada' dilakukan pada 2 Agustus (12 Dzulhijjah) untuk selanjutnya jamaah meninggalkan Makkah," papar Endang.

Baca juga: Arab Saudi Tugaskan Pemimpin Kesehatan untuk Setiap 50 Jamaah Haji Tahun Ini 

Masjidil Haram. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini