Share
Advertisement

Kenali Phobos, Bulan Terbesar Milik Mars

Tasya Chrismonita , Jurnalis-Sabtu 01 Agustus 2020 14:15 WIB
(Foto: NASA Solar System Exploration)
(Foto: NASA Solar System Exploration)
A
A
A

JAKARTA – Phobos adalah bulan terbesar dari dua bulan yang dimiliki planet Mars. Phobos secara kasar berbentuk seperti kentang dan memiliki kawah besar yang disebut Stickney.

Orbit Phobos begitu cepat sehingga akan terlihat bagi seorang pengamat. Phobos akan naik terlihat di arah barat dan terbenam di Timur sebanyak dua kali setiap hari Mars]

Phobos memiliki lapisan debu halus di permukaannya yang disebut "regolith" dan beberapa astronom memperkirakan bahwa bahan ini melayang keluar dari Phobos meninggalkan "ekor" yang sangat samar. Ia juga diyakini memiliki karakteristik mineralogi yang sama dengan asteroid tipe C.

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Kiamat dalam Penjelasan Alquran dan Sains

Melansir Spacefacts, Phobos telah dipelajari oleh hampir semua misi yang telah berhasil menjelajahi Mars. Namun, belum ada misi langsung untuk mengeksplorasi Phobos, tetapi kelayakannya telah diselidiki beberapa kali.

Proyek yang paling baru didanai disebut Phobos and Demos & Mars Environment (PADME) dan akan diluncurkan ke Mars untuk kedatangan pada 2021.

(ahl)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement