Share

Idul Adha, Mahfud MD Ziarah ke Makam sang Guru di Pesantren

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 614 2255173 idul-adha-mahfud-md-ziarah-ke-makam-sang-guru-di-pesantren-BmOfUSmYrt.jpg Menko Polhukam Mahfud MD ziarah ke makam KH Mardliyyah. (Foto: Istimewa)
A A A

PULAU Madura terkenal dengan tradisi lebaran Idul Adha yang luar biasa. Masyarakat Madura menyebut Idul Adha dengan nama Tellasen Arerajah atau Tellasen Ajjih. Perayaan Idul Adha di Madura selalu lebih meriah daripada Idul Fitri. Hampir semua warga Madura perantauan pulang kampung alias toron.

Di antara perantau yang toron pada Tellasen Arerajah hari ini adalah Menko Polhukam Mahfud MD. Ia pulang ke Pamekasan Madura untuk berkumpul dengan keluarganya.

Baca juga: Hari Tasyrik, Momen Makan-Minum dan Banyak Mengingat Allah Ta'ala 

Setelah puas bersilaturahim, Mahfud MD menuju Pondok Pesantren Al Mardliyyah Waru Pamekasan. Kunjungan Mahfud MD ke Ponpes Nahdliyyin tersebut dalam rangka tabarrukan (ngalap berkah) sebagai salah satu alumni.

Kedatangan Mahfud MD sangat mendadak sehingga membuat terkejut pihak pesantren. "Sengaja saya tidak memberi tahu terlebih dahulu, takut nanti ramai-ramai. Lebih enak sepi begini, apalagi situasi pandemi," jelas Mahfud MD kepada pengasuh ponpes, dalam keterangan resminya, Jumat (31/7/2020).

Rombongan Mahfud MD juga sangat terbatas, hanya Staf Khusus Menko Polhukam Imam Marsudi, Koordinator Sahabat Mahfud MD Jawa Timur yang juga bakal calon wali kota Surabaya Firman Syah Ali atau akrab disapa Cak Firman, Kapolres Pamekasan Djoko Lestari, serta beberapa anggota keluarga.

Begitu tiba di ponpes, Mahfud MD beserta rombongan kecilnya langsung meninjau tanah calon lokasi pengembangan bangunan pesantren. Setelah itu Mahfud MD bernostalgia melihat kamar sederhananya dulu saat masih mondok. Kegiatan berikutnya adalah melihat kolam pemandian santri tempat dirinya mandi saat nyantri dulu.

Baca juga: Hagia Sophia Gelar Sholat Idul Adha, Jamaah Membeludak hingga Pelataran 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kegiatan terakhir Mahfud MD di pondok pesantren tersebut adalah ziarah ke Makam Pendiri Pondok Pesantren yang sekaligus guru mengaji Mahfud MD kecil yaitu Almaghfurlah KH Mardliyyah.

Pengasuh Ponpes Al Mardliyyah KH Sihabuddin mengaku terkejut dengan kunjungan mendadak tersebut. KH Sihabuddin berdoa semoga Mahfud MD selalu dibimbing dan dilindungi Allah Subhanahu wa ta'ala dalam menjalankan amanahnya sebagai pejabat negara.

Baca juga: Intip Perayaan Idul Adha di Kampung Mualaf Baduy 

Mahfud MD. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini