Share

Bangun Jembatan Gantung, Menteri Basuki Hubungkan Sekolah, Pasar hingga Kantor

Safira Fitri , Okezone · Sabtu 01 Agustus 2020 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 01 320 2255428 bangun-jembatan-gantung-menteri-basuki-hubungkan-sekolah-pasar-hingga-kantor-RxtTB3qRT9.png Pembangunan Jembatan Gantung. (Foto: Okezone.com/Instagram Kementerian PUPR)
A A A

JAKARTA - Pemerintah menjalankan program padat karya tunai (cash for work) untuk memulihkan ekonomi akibat virus corona. Kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya kalangan miskin dan marginal yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal dengan tujuan khusus.

Kementerian PUPR menjalankan program tersebut dengan pemeliharaan rutin jembatan yang menggunakan skema swadaya masyarakat seperti untuk pengecatan rangka jembatan, salah satunya jembatan gantung di Magelang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Pasok Air Bersih Jakarta, Proyek Ini Dilelang

“Hadirnya jembatan ini akan mempermudah dan mempersingkat waktu perjalanan masyarakat perdesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, menyelesaikan urusan administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antar warga,” ujar Menteri Basuki beberapa waktu lalu, dikutip dari laman Instagram Kemenpupr, Jakarta, Sabtu (1/8/2020).

Magelang merupakan salah satu daerah pendidikan paling maju dan berkembang. Selain itu, daerah tersebut cukup terkenal dan seringkali dijadikan tujuan wisata karena memiliki destinasi yang bervariasi.

Jembatan Gantung

Guna menggerakkan potensi ekonomi perdesaan Magelang sebagai objek wisata, jembatan gantung tersebut menjadi salah satu wahana akses penghubung antardesa.

Baca Juga: APBN Kembang Kempis Danai Proyek Infrastruktur

Kehadiran jembatan gantung juga sangat dibutuhkan masyarakat karena kondisi geografis Indonesia yang memiliki banyak gunung, lembah dan sungai. Kondisi ini kerap menjadi pemisah antara tempat tinggal dan fasilitas publik seperti sekolah, pasar, dan kantor pemerintah.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR akan membangun 38 jembatan gantung. Beberapa jembatan gantung di wilayah Magelang, Jawa Tengah yang telah selesai dilakukan pengecatan antara lain, Jembatan Gantung Kaligaleh, Jembatan Gantung Mangunsoka, dan Jembatan Gantung Soropadan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini