Share

Waspadai Ancaman Hipertensi di Tengah Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 01 Agustus 2020 14:00 WIB
$detail['images_title']
Waspada gejala hipertensi sering tak disadari (Foto : Boldsky)

Pandemi virus corona Covid-19 menebar ketakutan kepada semua orang. Namun sebenarnya masalah kesehatan yang harus diwaspadai bukan hanya Covid-19, melainkan penyakit tidak menular lainnya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus Founder Komunitas Sobat Diabet, dr. Rudy Kurniawan Sp.PD, mengatakan bahwa saat ini masyarakat harus fokus ke penyakit tidak menular, seperti jantung, hipertensi, dan diabetes.

Pasalnya beberapa penyakit tersebut adalah silent killer dan masuk ke dalam penyakit komorbid. Bahkan sebagian besar penderita hipertensi banyak tidak menyadari sudah terkena penyakit itu.

Pusing Kepala

“Saat tekanan darah tinggi sering kali tidak ada gejala. Pas gitu dicek tinggi. Saat tingginya ekstrim bisa menyebabkan stroke dan bisa mengalami masalah kesadaran,” terang dr. Rudy, dalam acara Tropicana Slim, ‘Pentingnya Peran Ibu dalam Menjaga Kesehatan Keluarga’, Sabtu (1/8/2020).

Baca Juga : Pandemi Covid-19 Buat Anne Avantie Belajar Tinggalkan Pola Hidup Lama

Hipertensi juga terkait dengan beberapa penyakit lain seperti: jantung, ginjal, gangguan penglihatan dan lain-lain. Dokter Rudy mengatakan hipertensi ini disebabkan oleh gaya hidup seseorang yang tidak sehat.

“Mulai dari pola asupan makan yang tidak baik, kebanyakan sodium dan lemak. Bisa juga dari faktor turunan, tapi hal tersebut potensinya cukup kecil dan lebih sering disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat,” tuntasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)