Share

Warga Non-Muslim Sumbang Sapi ke Masjid Raya Al-Fatah Ambon

Sabtu 01 Agustus 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 01 614 2255320 warga-non-muslim-sumbang-sapi-ke-masjid-raya-al-fatah-ambon-isF1szRk2K.JPG Hewan kurban di Masjid Raya Al-Fatah, Kota Ambon, Maluku (Foto: iNews.id)
A A A

INDAHNYA toleransi antarumat beragama di Kota Ambon, Maluku. Ya, Pengurus Majelis Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku menyumbang seekor sapi untuk Masjid Raya Al-Fatah Ambon dalam rangka hari raya Idul Adha. Bantuan ini bukti keharmonisan toleransi antarumat beragama di Kota Ambon.

Sapi berjenis kelamin jantan dan berumur empat tahun itu diserahkan langsung oleh Pengurus Sinode Gereja Protestan Maluku kepada imam besar masjid raya.

Pengurus Masjid Raya Al-Fatah, Fauzi Atamimi mengungkapkan, sumbangan hewan kurban oleh gereja bukan pertama kalinya terjadi. Setiap tahun warga non-muslim itu rutin menyumbang seekor sapi sebagai wujud toleransi umat beragama yang selama ini terbangun kuat di Maluku.

Baca juga: Mau Sembelih Hewan Ternak? Perhatikan 4 Syarat Ini agar Halal Dimakan

“Sumbangan hewan itu juga sebagai tanda ucapan selamat Idul Adha dari Gereja Protestan untuk umat Islam di Maluku,” ujarnya, dikutip dari iNews.id, Sabtu (1/8/2020).

Menurut Fauzi, Islam tidak melarang sumbangan hewan dari umat non-muslim untuk disembelih pada hari raya Idul Adha. Namun demikian, sifat utama hewan kurban berubah menjadi hadiah.

Hadiah tersebut tetap akan diserahkan kepada mereka yang berhak menerima mulai dari kaum dhuafa hingga janda dan anak yatim, termasuk bila penerimanya non-muslim.

Sapi tersebut disembelih bersamaan dengan hewan kurban lainnya. Pada Idul Adha tahun ini, Masjid Raya Al-Fatah menerima 18 ekor sapi dan empat ekor kambing untuk dikurbankan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini