Share

Sains dan Alquran Membuktikan, Lubang Hitam Kuburan Bintang-Bintang

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 01 Agustus 2020 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 01 614 2255332 sains-dan-alquran-membuktikan-lubang-hitam-kuburan-bintang-bintang-ehzqeCfbK0.jpg Black Hole (Foto: Shutterstock)
A A A

ALLAH Subhanahu wa Ta'ala menciptakan jagat raya sebagai tanda pengetahuan bagi umat manusia, bahwasanya Dia maha segalanya dan yang menciptakan segala yang ada di bumi dan di luar angkasa.

Bicara soal luar angkasa, tentunya sudah tidak asing lagi dengan lubang hitam (black hole). Di mana lubang tersebut memiliki banyak versi cerita yang mengesankan. Misalnya dijelaskan dalan Buku Pintar Sains dalam Alquran karya Dr. Nadiah Thayyarah.

Lubang hitam memiliki medan gravitasi yang sangat luas, sehingga semua benda yang mendekat padanya bisa langsung tertelan masuk ke dalamnya. Bahwa lubang hitam seperti kuburan bagi benda-benda langit.

Para ilmuwan mengatakan, cahaya pun tidak dapat melarikan diri dari tarikan lubang hitam itu. Oleh karenanya tidak dimungkinkan untuk mengamati lubang hitam, baik dengan mata telanjang maupun dengan teleskop.

Baca juga: Dalil tentang Hari Kiamat, Manusia Harus Waspada

Namun manusia bisa mengenali dari karakternya. Ia berjalan di angkasa seperti sapu raksasa yang menyapu, dan menyedot semua materi dan energi yang berada di jalannya.

Ketika gas-gas tertarik ke dalam lubang hitam, kemudian suhu panasnya meningkat tajam hingga jutaan derajat, serta memancarkan sinar-X yang sangat besar selama perjalanannya menuju 'pembaringan terakhirnya' di kuburan lubang hitam.

Ternyata, Alquran pun telah menyebutkan dan menjelaskan tentang keberadaan lubang hitam. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: "Aku bersumpah demi bintang-bintang (al-khunnas), yang beredar dan terbenam (al-kunnas)," (QS. At-Takwir ayat 15-16).

 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kata 'khanasa' dalam bahasa Arab berarti bersembunyi, tersembunyi dan tak terlihat. 'Yakhnisu' artinya mengerut dan bersembunyi, 'al-kunnas' berarti ketertutupan dan ketersembunyian.

Kemudian hal ini menunjukkan, substansi yang belum dikenal oleh para ilmuwan, terkecuali setelah beberapa tahun belakangan ini.

Substansi tersebut adalah lubang hitam (black hole), yakni suatu kondisi dari bintang-bintang raksasa, hingga akhirnya disebut sebagai kuburannya bintang-bintang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini