Share

Jamaah Haji Rampung Lempar Jumrah, Raja Salman: Semoga Covid-19 Segera Berakhir

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Sabtu 01 Agustus 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 01 614 2255360 jamaah-haji-rampung-lempar-jumrah-raja-salman-semoga-covid-19-segera-berakhir-3axL8SyaLf.JPG Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud (Foto: Reuters)
A A A

RAJA Salman bin Abdulaziz Al-Saud pada Jumat 31 Juli 2020 kemarin memuji keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji secara terbatas tahun ini. Ia berharap Idul Adha kali ini akan menandai titik balik menjelang akhir pandemi Covid-19.

Dalam sebuah pesan kepada negara, yang disampaikan oleh Penjabat Menteri Media Dr. Majid Al-Qasabi, Raja Salman memuji upaya semua orang yang telah bertanggung jawab untuk mengatur haji dan memastikan keamanan kelompok kecil jamaah yang dipilih secara khusus untuk melakukan perintah agama.

Para jamaah mengambil bagian dalam tahap akhir haji pada hari Jumat ketika umat muslim di seluruh dunia menandai dimulainya liburan Idul Adha di tengah pembatasan sosial terkait virus corona yang telah mengganggu hampir setiap aspek dari ziarah dan perayaan tahun ini.

“Haji diadakan tahun ini dengan jumlah jamaah yang sangat sedikit dari berbagai negara, untuk menekankan perlunya memegang ritual meskipun dalam keadaan sulit, sementara juga menjaga standar keselamatan tertinggi bagi peziarah untuk melakukan tugas mereka. ritual dalam prosedur yang akan menjamin keamanan, keselamatan, dan kenyamanan mereka. Kami menghargai kepercayaan tinggi saudara-saudara muslim kami atas apa yang telah kami ambil dalam hal ini," kata Raja Salman dalam pidatonya mengutip laman Arab News, Sabtu (1/8/2020).

Baca juga: Ratusan Muslim Sholat Idul Adha di Stadion Croke Park Irlandia

“Saya berharap Idul Adha ini menjadi pertanda baik sebagai titik balik pandemi Covid-19, dan menghilangnya (wabah Covid-19) segera. Saya berdoa agar semua muslim selalu mengukuhkan persatuan mereka pada konsep cinta dan kebaikan dan mengekspresikan pesan Islam yang toleran yang mendorong komunikasi dan kerja sama dengan seluruh dunia untuk mencapai perdamaian dan stabilitas," tambah Raja Salman.

Ia menunjukkan bahwa kerja sama Saudi dan ekspatriat dalam mengikuti tindakan pencegahan Covid-19 telah berkontribusi mengurangi penyebaran virus. Jumlah kasus Covid-19 baru di Arab Saudi telah jatuh untuk hari keenam berturut-turut. Ada 1.686 kasus baru yang dicatat dalam 24 jam serta 4.600 pemulihan baru dan 24 kasus kematian baru.

Sedangkan pada Jumat kemarin, sekitar 1.000 jamaah yang dipilih untuk melakukan haji tahun ini, berpindah dari Muzdalifah ke Mina di mana mereka menuju ke dinding Jamarat untuk ritual melempar jumrah di mana kerikil dilemparkan pada yang terbesar dari tiga pilar, yang dikenal sebagai Jamarat Al-Aqabah.

Para jamaah kemudian melakukan perjalanan ke Makkah untuk melakukan Thawaf Ifadah (mengelilingi Kakbah), bagian penting dari haji, di bawah langkah-langkah jarak sosial yang ketat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Peziarah laki-laki mencukur rambut mereka atau memotong rambut mereka pada hari ketiga haji (Idul Adha), sementara peziarah perempuan memotong ujung rambut mereka, di mana pihak Kementerian Haji telah menyiapkan situs layanan pencukuran yang aman virus di Mina.

Upaya yang dilakukan oleh otoritas Saudi untuk memastikan kesehatan dan keselamatan peziarah telah mengundang pujian global. Peziarah yang dipilih untuk melakukan tugas sekali seumur hidup menggambarkan pengalaman itu luar biasa.

Salah satunya, Ruslan Margoshvili, seorang ekspatriat Georgia yang tinggal di Arab Saudi mengatakan: "Setelah menghabiskan Idul Adha saat melakukan haji bukan hanya satu perayaan, itu adalah perayaan ganda," tuturnya bahagia.

Ruslan mengatakan, apa yang dialaminya ialah hak istimewa untuk dipilih beribadah haji tahun ini di tengah pembatasan.

Baca juga: Potret Muram Muslim Libya Rayakan Idul Adha di Tengah Perang dan Corona

Sedangkan Hamide Halimi, seorang penduduk Makedonia di Saudi yang meninggalkan putri dan suaminya di Riyadh untuk melakukan haji pertamanya juga mengungkapkan kebahagiannya.

"Jamarat sangat mudah dan itu adalah cara melakukan semua ritual kami. Merayakan Idul Adha dalam haji adalah istimewa bagi saya terutama karena ini adalah pertama kalinya saya, tetapi pengalaman yang saya peroleh lebih dari yang saya bayangkan," kata Hamide.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini