Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masjid Istiqlal Sembelih 35 Hewan Kurban, Termasuk Milik Presiden Jokowi

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 01 Agustus 2020 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 01 620 2255445 masjid-istiqlal-sembelih-35-hewan-kurban-termasuk-milik-presiden-jokowi-aPNmgo55PK.JPG Penyerahan sapi kurban milik Presiden Jokowi (Foto: website Kemenag)
A A A

PANITIA kurban Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat hari ini melaksanakan penyembelihan hewan kurban tepat sehari setelah perayaan Idul Adha 1441H/2020M.

Sebanyak 35 ekor hewan kurban dilakukan pemotongan hari ini oleh tim petugas jagal. Rinciannya, terdapat 20 ekor sapi dan 15 ekor kambing yang disembelih.

"Jumlah hewan kurban ada 35 ekor. Terdiri dari 20 sapi dan 15 kambing," ungkap Ketua Panitia Kurban Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, Sabtu (1/8/2020).

Menurut dia, jumlah keseluruhan hewan kurban yang akan disembelih sudah termasuk dari hewan kurban milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, yakni sapi berjenis ongole berbobot di atas satu ton.

"Hewan kurban ini berasal dari Presiden dan Wakil (Presiden), mengucapkan terima kasih. Meskipun Sholat Idul Adha tak digelar, tapi hewannya dititipkan di sini," kata dia.

Baca juga: Lepas dan Mengamuk, Sapi Ini Terpaksa Disembelih di Tengah Sawah

Pihaknya lanjut Abu, telah menaksir total keseluruhan daging sapi yang akan didapatkan yaitu sebanyak 6.387 kilogram. Sementara daging kambing berjumlah sekira 628 kilogram.

"Sudah kami survei sebelumnya. Kami prioritaskan dengan warga yang bertetangga dengan masjid Istiqlal. Yaitu, Kecamatan Sawah Besar," ujar Abu.

Penyembelihan hewan kurban ini diawali oleh pemotongan sapi jenis ongole milik Presiden Jokowi. Pemotongan hewan kurban menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Petugas jagal yang bertugas berjumlah 50 orang. Mereka wajib mengenakan alat pelindung diri (APD), mengenakan masker hingga face shield.

Follow Berita Okezone di Google News

Abu Hurairah tak lupa menyampaikan terima kasih atas adanya kepercayaan para shohibul kurban yang telah menitipkan hewan kurban tahun ini. Kendati Masjid Istiqlal tidak menggelar Sholat Idul Adha.

"Saya mengucapkan terima kasih. Meskipun Sholat Idul Adha tak digelar, tapi hewannya dititipkan di sini," pungkas dia.

Daging hewan kurban ini nantinya akan langsung diserahkan kepada para penerima di rumahnya masing-masing demi mencegah adanya kerumunan warga saat pembagian hewan kurban.

Masjid Istiqlal sudah tidak menerapkan sistem kupon kepada penerima daging kurban sejak tujuh tahun silam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini