Share

Inilah Calon Penghuni Surga

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 330 2256023 inilah-calon-penghuni-surga-gmpvJuE3yC.jpg ilustrasi (stutterstock)
A A A

ISTIGHFAR kalimat yang sangat istimewa di sisi Allah. Beristighfar berarti memohon ampun kepada Sang Pencipta. Rasullulah SAW menjelaskan jika seorang membaca istighfar dengan penuh keyakinan, maka orang tersebut masuk dalam golongan penghuni surga.

Waktu terbaik dan sangat dianjurkan beristigfar adalah pada sepertiga malam hingga masuk waktu subuh, karena doa dan zikir yang diucapkan pada waktu tersebut langsung disaksikan dan didengarkan oleh Allah dan malaikat-malaikatnya.

Baca juga: Perjalanan Mualaf Istri Uya Kuya, Mukena Sempat Dibuang Ibunda karena Kecewa

Allah berfirman dalam Alquran,

“Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al-Isra : 78)

Pendakwah Ustadz Adi Hidayat mengatakan, ciri-ciri muslim calon penghuni surga adalah mereka yang rajin beristighfar sebelum subuh.

“Ada orang ahli istighfar sebelum subuh dan disebut oleh Allah langsung dari Alquran sebagai calon penghuni surga,” katanya melalui akun Instagramnya @ustadzadihidayat_lc.

Allah telah memuji para hamba-Nya yang gemar beristighfar, terutama pada waktu-waktu yang mulia dan istimewa. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman

الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

“Orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur.” (QS. Ali Imran: 17)

Waktu sahur adalah waktu di penghujung malam menjelang subuh. Keutamaannya tidak didapatkan pada waktu-waktu selainnya. Keutamaan istighfar pada waktu sahur ini karena Allah membuka selebar-lebarnya pintu ampunan, rahmah dan kemurahannya bagi hambanya yang ingin berdoa dan memohon ampun.

"Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR Bukhari dalam shahihnya, no. 6306, 6323 dan al-Adabul Mufrad, no. 617, 620)

Berzikir saat menjelang waktu subuh adalah amalan yang patut digalakkan. Karena selain membuat lebih bersemangat di pagi hari, juga akan dimudahkan segala urusan oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini