Share

Aa Gym Berbagi Tips Cara Menyikapi Sifat Seseorang

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 616 2256299 aa-gym-berbagi-tips-cara-menyikapi-sifat-seseorang-JKELyFu6Kl.jpg KH Abdullah Gymnastiar (Foto: Instagram)
A A A

PENDIRI Pondok Pesantren Daarut Tauhid, KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym mengatakan, bergaul dengan sesama manusia harus didasari dengan keimanan serta keyakinan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Bergaul dengan sesama manusia, hablum minannas itu harus karena hablum minllah baru nyaman. Jadi ada hablum minallah, hubungan dengan Allah dan hablum minannas hubungan dengan manusia. Nah, bergaul dengan manusia akan menyenangkan kalau karena urusan dengan Allah,” katanya seperti dikutip dari channel YouTube Aagym Official, Senin (3/8/2020).

Aa Gym bilang, karakter setiap manusia berbeda-beda khususnya penilaian terhadap kita. Oleh karenanya, harus memiliki keterampilan untuk menyikapinya. Sebab, semua orang penilaiannya tidak bisa disamaratakan.

Baca juga: 3 Perumpamaan Penuntut Ilmu Menurut Hadits Rasulullah

“Kita tidak bisa memukul rata sama, contoh kita ingin disukai setiap orang, tidak mungkin karena Rasulullah SAW orang yang paling mulia akhlaknya , paling mulia akhlaknya tetap saja ada yang tidak suka. Padahal tidak kurang sempurna itu akhlaknya. Apalagi kita,” tuturnya.

“Nah sikap apapun dari orang lain, itu bisa bermanfaat kalau kita menyikapinya dengan tepat. Ada orang yang suka, ada orang yang netral ke kita,” tambahnya.

Untuk itu Aa Gym berpesan, jangan pernah membenci sesuatu secara berlebihan. Begitu juga sebaliknya, jangan sampai terlalu mencintai atau menyukai seseorang karena dikhawatirkan akan berujung kekecewaan.

“Makanya jangan suka sebel berlebihan, siapa tahu jodoh. Jangan terlalu suka berlebihan, siapa tahu suatu saat mengecewakan,” tutup Aa Gym.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini