Share

Tidur Siang Dianjurkan Rasulullah, Banyak Keutamaan di Baliknya

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 330 2256702 tidur-siang-dianjurkan-rasulullah-banyak-keutamaan-di-baliknya-RJGHVFJjbW.jpg Ilustrasi tidur. (Foto: Unsplash)
A A A

ALLAH Subhanahu wa ta'ala telah menciptakan segala sesuatu dengan aturan yang pasti dan ukuran tertentu. Hal ini bukan karena suatu kebetulan, tetapi memang ketetapan yang terbaik dari Allah Ta'ala.

Kemudian Allah Subhanahu wa ta'ala juga memberikan berbagai macam kepada hamba-Nya sesuai porsinya, tidak berlebihan, termasuk hal-hal yang baik. Sebab segala sesuatu yang baik apabila dilakukan secara berlebihan (ghuluw) maka dapat berujung keburukan dan tercela dalam syariat; misalnya makan, minum, tidur, mencintai seseorang, dan bekerja.

Baca juga: 3 Perumpamaan Penuntut Ilmu Menurut Hadits Rasulullah 

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَمِنْ ءَايَاتِهِ مَنَامُكُم بِالَّليْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَآؤُكُم مِّن فَضْلِهِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لأَيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah tidurmu di waktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." (QS Ar Rum: 23)

"Letakkan porsi itu, malam tidur, istirahat, jangan ada aktivitas apa pun. Apalagi kalau sudah tidak ada urusan darurat," kata Ustadz Dr Khalid Basalamah, dikutip dari akun Youtube Khalid Basalamah Official, Selasa (4/8/2020).

Ia menyarankan untuk mengatur porsi tidur, kemudian tidurlah di waktu yang dibutuhkan dan dibolehkan, seperti Qailulah antara waktu Zuhur ke Ashar.

Qailulah atau tidur siang ternyata sunah yang diajarkan dan dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Sebagaimana sabda Nabi:

قِيلوا فإن الشياطين لا تَقيل

"Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang." (HR Abu Nu’aim)

Selain waktu-waktu yang telah dijelaskan tersebut, maka janganlah tidur. Alangkah baiknya mencari aktivitas lain yang lebih bermanfaat.

Sebagian masyarakat saat ini memahami rebahan itu sebagai waktu luang untuk istirahat, atau sekadar bersantai dengan tidur-tiduran, atau juga berkeinginan tidur dan tidak ingin beranjak dari tempat tidur.

"Tidak boleh begitu. Kalau sudah berlebihan, maka akan berbahaya, apalagi jika sudah menjadi tradisi," ungkap Ustadz Khalid Basalamah.

Baca juga: Ini Hukumnya Sungkem hingga Mencium Kaki Orang yang Lebih Tua 

Ia menerangkan, kebiasaan tidur Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam harus kaum Muslimin teladani sebagai batas waktu tidur yang baik menurut ajaran Islam.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tidur dalam jumlah wajar, tidak pernah tidur berlebihan hingga melampaui batas kebutuhan tubuh.

Meski demikian, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tidak memaksa diri tetap bangun jika merasa lelah. Beliau beristirahat sesuai kebutuhan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengibaratkan iman sebagai perhiasan terindah. Dalam hadis sahih lainnya, Rasulullah pernah mengucapkan doa berikut:

اللَّهُمَّ زَيِّنَّا بِزِينَةِ الْإِيمَانِ وَاجْعَلْنَا هُدَاةً مُهْتَدِينَ

"Ya Allah, hiasilah (diri) kami dengan perhiasan (keindahan) iman, serta jadikanlah kami sebagai orang-orang yang (selalu) mendapat petunjuk (dari-Mu) dan memberi petnjuk (kepada orang lain)."

Wallahu a'lam.

Baca juga: Menyia-nyiakan Waktu, Godaan Setan yang Kerap Tak Disadari Manusia 

Ilustrasi tidur. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini