Share

Mengharukan, Perwira Polisi Ini Bangun Pesantren untuk Pensiunan

Selasa 04 Agustus 2020 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 614 2256973 mengharukan-perwira-polisi-ini-bangun-pesantren-untuk-pensiunan-M1WDikDXvJ.JPG Kompol Sukiyono/Kiri (Foto: KRjogja)
A A A

NIAT mulia seorang perwira menengah polisi di Jawa Tengah ini patut diacungi jempol. Ya, Kasubdit II di Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah, Kompol Sukiyono mendadak mencuri perhatian seluruh jamaah majelis taklim di Semarang.

Ia mengaku telah mewakafkan tanah seluas hampir 1,5 hektare di wilayah Sumurejo, Kecamatan Gunungpati, Semarang untuk dibangun Pondok Pesanten Al-Hikmah Nurul Ilmi Semarang yang dikhususkan sebagai tempat belajar ilmu agama bagi mereka yang memasuki masa pensiun.

“Mungkin kita semua sibuk ketika masih aktif bekerja, sehingga untuk menimba bekal ilmu agama pun tidak sempat terpikirkan. Baru memasuki masa pensiun sadar bahwa kita butuh bekal untuk menghadap sang khalik," ucap Kompol Sukiyono, dikutip dari laman KRjogja, Selasa (4/8/2020).

"Maka umumnya orang berpikir lebih baik mengisi hari tua dengan membekali ilmu agama. Tujuannya agar lebih tenang, tawakal dan ikhlas. Karena itulah saya mewakafkan tanah ini untuk dijatikan tempat menimba ilmu agama, tidak hanya saya tetapi juga kami persembahkan untuk kawan-kawan dan semua kalangan,” tambahnya.

Baca juga: Astaghfirullah, Masjid Bersejarah Ini Diubah Jadi Kandang Hewan Ternak

Mantan Kasubbag Humas Polrestabes Semarang ini mengaku tidak bisa menargetkan kapan bangunan pesantren itu akan rampung dibangun. “Harapan kami secepatnya jadi. Semoga saja berkat doa para alim ulama dan santri, semuanya bisa segera cepat terealisasi,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Aulia Lubis mengapresiasi apa yang dilakukan anak buahnya itu, terlebih tujuannya sangat mulia yakni menciptakan ruang untuk belajar agama bagi masyarakat yang membutuhkan ilmu agama, terutama untuk bekal hari tua.

Ketua Yayasan Al Hikmah Nurul Ilmi Semarang (Ahnis) sekaligus pengasuh pondok pesantren, KH Abidin Ibnurus mengaku terharu ketika ada salah satu santrinya, Kompol Sukiyono mengikhlaskan tanahnya untuk diwakafkan dan dibangun untuk pondok pesantren.

“Jadi Pondok Pesantren AHNIS ini yang membangun adalah santrinya sendiri. Anggota POLRI yang sangat peduli terhadap rekan-rekannya dan masyarakat umum,” ucap Kiai Abidin.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurutnya, ponpes tersebut telah mulai dibangun asrama dan kelas yang akan menampung santri-santri orangtua, bukan dari kalangan anak muda. Para santri nantinya akan dibekali ilmu agama agar memiliki bekal hidup untuk mencapai husnul khatimah.

Pesantren yang akan menanamkan nilai-nilai Islam Ahlus Sunnah wal Jamaah ini menurut Kiai Abidin juga akan menjadi garda terdepan yang mengajarkan Islam yang rahmatan lil alamin.

“Jadi tidak ada ajaran-ajaran yang mengarah pada radikalisme. Di sini adalah pesantren yang memerjuangkan nilai-nilai yang telah ditanamkan oleh para pendiri Nahdlatul Ulama,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini