Share

Bahaya Kena Penyakit Gonore di Usia Muda Bisa Berujung HIV AIDS

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 01:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GONORE (GO) merupakan salah satu Infeksi Menular Seksual (IMS) yang sangat berbahaya apabila tidak diobati dengan tepat. Terlebih penyakit kelamin ini tidak memiliki gejala saat pertama kali terinfeksi.

Sekadar informasi, penyakit kelamin ini kerap menyerang seseorang yang berusia produktif antara 15 sampai 49 tahun. Sebab orang dalam rentang usia ini memiliki perilaku hubungan intim aktif yang tidak aman.

Baca Juga: Waspada, Kenali Beda Gejala Gonore pada Pria dan Wanita

CEO Klinik Pramudia, dr Anthony Handoko, SpKK, FINSDV mengatakan sebagian besar penyakit gonore yang diidap seseorang, juga akan semakin bertambah parah apabila melakukan kesalahan dalam pengobatan. Hal ini terjadi lantaran kesadaran masyarakat terkait penyakit ini masih sangat rendah, misalnya membuat mereka membeli obat yang tanpa anjuran dokter.

hiv

“Menggunakan obat sembarangan membuat masa inkubasinya menjadi pendek. Gejala biasanya muncul sekitar 10-20 hari setelah infeksi,” terang Dokter Anthony, dalam Virtual Media Briefing Gonore, Rabu 5 Agustus 2020.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dokter Anthony mengatakan, gonore pada dasarnya ditularkan lewat hubungan intim. Meskipun jarang terjadi, gonore yang tidak diobati juga dapat menyebar ke darah atau sendi Anda dan bisa mengancam jiwa.

“Gonore yang tidak diobati, pada beberapa kasus, meningkatkan peluang untuk mendapatkan atau menularkan HIV AIDS. Sehingga masyarakat harus mampu melakukan pencegahan,” lanjutnya.

Pencegahan utama yang bisa dilakukan masyarakat adalah melakukan hubungan intim yang aman. Seperti menggunakan kondom, tidak bergonta-ganti pasangan, dan membatasi kontak intim dengan pasangan yang tidak terinfeksi.

1
2