Share

Uniknya Gaya Hijab Muslimah di Berbagai Negara, Pakistan hingga Indonesia

Ratih Rahmah Maulidina, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 19:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 617 2257605 uniknya-gaya-hijab-muslimah-di-berbagai-negara-pakistan-hingga-indonesia-f80BqTYfaf.JPG Gaya hijaber Indonesia, Bella Attamimi (Foto: Instagram/@bellattamimi))
A A A

MUSLIMAH di berbagai negara memiliki ciri khas gaya hijabnya tersendiri. Seperti kita tahu, seorang muslimah diwajibkan menganakan hijab untuk menutup aurat, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam Alquran Surah An-Nur ayat 31.

Tren berhijab di berbagai negara, terutama negara berpenduduk mayoritas muslim tentunya berbeda-beda. Perbedaan ini dilandasi atas kebudayaan dari masing-masing negara. 

Lantas seperti apa gaya hijab perempuan muslim di berbagai negara? Seperti yang kita tahu, di Indonesia fashion hijaber banyak memakai hijab pashmina atau segiempat yang simpel. Yuk, intip gaya hijab perempuan muslimah di berbagai negara, mulai dari Pakistan hingga Indonesia yang bisa kamu dijadikan inspirasi.

1. Pakistan

Perempuan muslim Pakistan memakai kerudung atau dikenal dengan istilah dupatta dengan model klasik. Umumnya, perempuan Pakistan menyampirkan kerudung di pundak dan menampakkan sebagian rambutnya.

Gaya Hijab Pakistan

Range warna sangat luas, dari gelap hingga cerah hingga warna terang yang disesuaikan dengan pakaian tradisional Pakistan yang colourfull. Tampilan ini akan terlihat elegan, classy dan juga mudah di mix and match dengan item apapun.

Dilansir dari akun Instagram Malala Yousafzai, seorang mahasiswi pendidikan adovokat ini menata syalnya dengan gaya klasik Pakistan. Malala menggantungkan dupatta dengan longgar di sekitar kepalanya dan meninggalkan sedikit rambut untuk menampakkannya di bagian depan.

Baca juga: 6 Inspirasi Hijab Syar'i Trendi ala Shireen Sungkar

2. Ethiopia

Berbeda dengan perempuan Pakistan, perempuan Ethiopia memakai hijab yang dililit di kepala membentuk seperti turban. Turban ini juga menutup seluruh rambut. Bahan yang terdapat dalam turban ini terbuat dari bahan yang ringan dan tidak bikin gerah.

Gaya Hijab Ethiopia

Uniknya, turban yang dipakai perempuan Ethiopia memiliki warna beragam dan cerah, sesuai dengan warna fashion tradisional. Untuk menahan ikatan, mereka menambahkan pin atau bros yang lucu.

3. Malaysia

Gaya hijab perempuan muslim Malaysia kurang lebih sama dengan Indonesia. Bahan yang digunakan dalam hijab ringan dan memiliki warna yang cerah serta bermotif. Pemakaiannya pun simpel membentuk layer yang memberikan kesan lebih bervolume dan menutupi semua rambut.

Gaya Hijab Malaysia

Dalam akun Instagram, Tasnimshah perempuan cantik asal Malaysia ini mengenakan hijab dengan layer dipadukan dengan ciput yang menutup semua rambut. Hijab yang dikenakan pun menutup dada, gaya hijab seperti ini bisa jadi inspirasi untuk kalian lho!

4. Somalia

Hampir mirip dengan perempuan Ethiopia, perempuan muslim di Somalia juga memakai hijab yang diatur seperti turban. Seringkali menggunakan pashmina agar memberikan kesan lebih bervolume. Sebagian ada yang menampakkan rambut bagian depan, sebagian lagi menutup rambut secara keseluruhan.

Gaya Hijab Somalia

Tak lupa memakai aksesoris seperti anting untuk membuat penampilan jadi semakin kece. Beauty vlogger asal Somalia, Fatima Muxya mengenakan hijab turban yang menampilkan aksen rambut di bagian depan. Gaya hijab ini cocok digunakan ke berbagai acara, terlihat simpel dan fashionable.

5. Turki

Gaya muslimah Turki umumnya chic dan classy. Untuk hijab, mereka pun selalu tampil elegan. Pemakaian hijabnya simpel dan menutup seluruh kepala. Seringkali ujung hijab diikat menjadi pita di salah satu sisi leher untuk memberikan kesan feminin dan chic.

Gaya Hijab Turki

Pemakaian ciput yang tebal juga digemari karena memberikan kesan lebih bervolume. Desainer asal Turki, Ummugulsum Elkhatroushi pada akun Instagramnya mengenakan hijab bewarna pink soft yang dililit membentuk seperti rambut. Tak lupa ia juga memperlihatkan aksesoris anting menambah penampilannya terlihat elegan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

6. Mesir

Mesir menjadi salah satu pusat tren hijab di dunia. Model hijabnya pun beragam, seperti pemakaian turban, khimar, dan layering. Selain itu, permainan warna dan motif juga menjadi daya Tarik hijab di Mesir. Salah satunya, hijab yang terbuat dari bahan ringan dan dipakai dengan cara sederhana.

Gaya Hijab Mesir

Trik tampil gaya ala perempuan mesir yaitu berani memadukan beberapa warna dan motif sekaligus. Kali ini blogger asal Mesir, Sahar Foad mengenakan pashmina bermotif dengan warna yang cerah tetapi tetap soft.

Sahar tidak menggunakan jarum pentul atau peniti pada hijabnya, hanya cukup dililitkan pada leher dan tak lupa menggunakan ciput untuk menutup seluruh rambutnya. Tampilan ini terlihat simpel dan dapat dipakai di berbagai acara.

7. Indonesia

Fashion hijabers di Indonesia memilih model yang simpel dengan hijab segiempat atau pashmina untuk hijab syar’i. Bahan yang ringan dan anti gerah selalu jadi pilihan, dan umumnya menyukai warna monokrom atau pastel polos.

 Gaya Hijab Indonesia

Salah satunya blogger asal Indonesia, Bella Attamimi. Dilansir dari akun Instagramnya, Bella mengenakan hijab segiempat dengan motif yang dibentuk menjadi pita dipadu dengan blus hitam, membuat tampilannya terlihat cantik dan elegan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini