Share

Kunci Selamat Dunia-Akhirat, Amalkan 3 Hal Ini di Pagi Hari

Yudistira, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 330 2257992 kunci-selamat-dunia-akhirat-amalkan-3-hal-ini-di-pagi-hari-w2uZctXLYF.jpg Habib Novel Alaydrus (MRBJTV)
A A A

ISLAM adalah agama rahmatan lil alamin. Inti pokok dari ajaran Islam agar selamat dunia dan akhirat. Untuk mencapai tujuan itu ada kebaikan-kebaikan dan amalan yang harus dikerjakan untuk menuju keselamatan.

Habib Novel Alaydrus, pimpinan Majelis Ilmu dan Zikir Ar Raudha, Solo, memberikan panduan amalan sebagai ikhtiar supaya mendapatan keselamatan dunia, akhirat dan dilancarkan rezeki yang berkah oleh Allah.

"Ada tiga hal yang jika diamalkan di pagi hari akan membuat kita selamat, yaitu (baca) istighfar sebanyak-banyaknya, sholawat sebanyak-banyaknya dan bersedekah kepada yang membutuhkan," kata Habib Novel seperti dikutip dari ceramahnya disiarkan di channel Youtobe Sinchan, Kamis (6/8/2020).

Baca juga: Siapa yang Mengejar Akhirat, Urusan Dunianya Akan Dimudahkan Allah Ta'ala

Habib Novel menuturkan tata cara mengerjakan tiga amalan sederhana yang pahalanya sungguh dahsyat itu di pagi hari:

1. Membaca istighfar

Membaca istighfar bisa dilakukan setiap selesai shalat subuh, dengan membaca wirid sebagai berikut:

استغفر الله العظيم لي ولوالدي ولاصحاب الحقوق واجبات علي من المسلمين والمسلمات وللمؤمنين والمؤمنات الاحياء منهم والاموات واتوب إليك

Membaca istighfar sebanyak 27 kali dan memohon ampun bagi diri sendiri dan orang-orang muslim, akan mendatangkan keberuntungan menjadi hamba yang diampuni kesalahannya oleh Allah SWT.

2. Membaca sholawat

Membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak 10 kali di pagi hari dan 10 kali di sore hari. Karena membaca 1 kali sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, Allah akan membalasnya 10 kali atas hamba-Nya.

3. Memberi sedekah

Menunaikan sedekah di pagi hari kepada orang yang membutuhkan. Apabila tidak menemukan orang yang teramat butuh diberi sedekah, lakukan sedekah yang sederhana, yaitu tersenyum. Tersenyum kepada suami/istri ketika bangun dari tidu, tersenyum kepada orang tua yang ada di rumah, tersenyum kepada tetangga di sekitar.

 

"Jangan sekali-kali menolak orang yang membutuhkan sedekah di pagi hari. Karena sangat berbahaya. Setiap pagi jika ada yang meminta sedekah kepada kita, para malaikat akan mendoakan Ya Allah jika ada orang yang mau mengeluarkan sedekah, gantikan lah. Jika ada orang yang menahan hartanya untuk disedekahkan, hancurkan lah," kata Novel.

Dalam ceramahnya Habib Novel menyampaikan pesan bahwa ketika kita melakukan sedekah, maka akan dibalas dengan sesuatu yang lebih baik berupa keselamatan dunia dan akhirat.

"Mari membiasakan diri untuk bersedekah dan mendidik anak-anak kita untuk pandai bersedekah" pungkasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini