Share

3 Kesalahan Sering Diremehkan Perempuan Padahal Bisa Bikin Allah Murka

Kamis 06 Agustus 2020 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 330 2257996 3-kesalahan-sering-diremehkan-perempuan-padahal-bisa-bikin-allah-murka-KV0RZHy5bf.jpg ilustrasi (stutterstock)
A A A

RISALAH Islam yang dibawa Rasulullah Muhammad SAW ikut mengangkat derajat perempuan yang pada masa jahaliyah sering diperlakukan semena-mena oleh kaum laki-laki. Islam memberi tempat terhormat bagi perempuan.

Namun, ada ha-hal yang sering dilakukan tak disadari bahkan dianggap remeh oleh perempuan muslimah, padahal itu bisa menimbulkan dosa di hadapan Allah.

Mahasantri Ma’had Aly Hasyim Asy’ari, Naila Nur Indah dalam artikelnya di Tebuireng.Online, Kamis (6/8/2020), menulis tiga hal sering diremehkan perempuan dan bisa berakibat pada murka Allah:

1. Membuka aurat di hadapan kerabatnya

Seringkali terjadi kepada kaum wanita ketika dia sedang berada dengan laki–laki yang bukan mahramnya saperti sepupu, tetangga, teman laki–laki, dan hal ini masih banyak dianggap remeh dengan berlandasan “halah cuman sepupu, halah cuman tetangga”.

Baca juga: Kejarlah Akhirat, Kau Akan Dapatkan Kenikmatan Dunia

Aurat merupakan sesuatu yang sangat berharga dan harus dijaga dari pandangan-pandangan orang lain yang bukan muhram.

Saudara sepupu bukanlah mahram karena ikatan saudara sepupu masih bisa untuk dinikahkan. Begitu pula tetangga, sedekat apapun tetangga laki–laki tetaplah dia seorang laki- laki yang bukan mahram kita dan sangatlah haram kita memperlihatkan aurat kita kepada mereka.

Allah SWT memerintahkan kepada para wanita untuk menutup aurat saat keluar rumah sebagai salah satu cara untuk terhindar dari fitnah dan kejahatan–kejahatan laki–laki hidung belang.

Sebagaimana firman Allah SWT di dalam Aqur’an Surat Al-Ahzab ayat 36 :

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا مُبِينًا

Artinya : Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang beriman dan tidak pula bagi Perempuan yang beriman. Apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan yang lain tentang urusan mereka dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-nya, maka sesungguhnya dia telah tersesat dengan sesat yang nyata. (Q.S Al-Ahzab: 36)

2. Menggunakan harta suami tanpa seizinnya

Allah SWT sangat melarang kepada para istri yang menggunakan harta suaminya tanpa seizinnya, sehingga ketika ada seorang istri yang telah melanggar larangan tersebut, berarti dia telah melanggar perintah Allah SWT dan aturan-aturan Islam.

Sekecil apapun nominal tersebut jikalau masih beratas nama harta suami dan belum berhak untuk dibelanjakan seorang istri, maka larangan tersebut masih berlaku. Dalam keadaan genting pun, seorang istri harus meminta izin kepada suaminya sekalipun meminta izin sesudah menggunakan harta tersebut.

Kecuali ketika seorang suami enggan memberikan nafkah kepada istrinya dan juga anaknya, maka seorang istri boleh mengambil harta suaminya tanpa izin dari suaminya akan tetapi dengan syarat secukupnya sesuai dengan kebutuhanya, karena harta tersebut adalah milik suami dan tidak boleh diambil sesuka hati.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Makan dan minum secara berlebihan

Hal tersebut merupakan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT dan Rasul-Nya, karena dari makan dan minum yang berlebihan tersebut dapat menyebabkan kemalasan dan membuang-buang harta.

Dan hendaknya berperilaku dengan sederhana dalam makan dan minum, karena sesungguhnya hal tersebut akan lebih baik bagi tubuh dan jauh dari pemborosan, sesungguhnya Allah SWT membenci orang yang membuang-buang hartanya yang bukan dalam urusan akhirat seperti membeli makanan dan minuman yang berlebihan untuk dirinya sendiri tanpa berbagi kepada sesamanya.

Sebagaimana firman Allah SWT didalam Al-Qur’an Surat Al-A’raf ayat 31:

يَابَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِين

Artinya : “Wahai anak Adam, pakailah pakaianmu yang bagus setiap memasuki masjid, makan dan minumlah tetapi jangan berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan”

Dari beberapa point di atas dapat kita petik ajaran yang harus dilakukan dan larangan yang harus dihindari oleh seorang wanita. Karena dari ketiga point di atas masih banyak dari kaum wanita yang masih menganggap remeh akan hal-hal tersebut. Semoga bermanfaat dan semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan dijauhi akan hal-hal yang menjadi larangan Allah SWT.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini