Share

Peluang Bisnis di Depan Mata, Begini 5 Cara Memulainya

Safira Fitri , Okezone · Jum'at 07 Agustus 2020 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 320 2258489 peluang-bisnis-di-depan-mata-begini-5-cara-memulainya-QQmLPIxIJt.jpg Koordinasi peluang bisnis (Foto: Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Keberhasilan pada bisnis terjadi bukanlah secara tidak sengaja, melainkan atas dasar kemampuan dan kemauan diri sendiri untuk membuat bisnis yang dijalani berhasil. Ketika melihat peluang maka raih, bukan ditahan.

Keberhasilan bukanlah hanya ditunggu, karena kehidupan terus berjalan. Dikutip dari buku "The Owner's Manual for Small Business" oleh Rhonda Abrams, Jakarta, Jumat (7/8/2020), faktanya, jika ingin bisnis atau hidup berubah, maka diri sendiri yang harus berperan aktif dalam perubahan tersebut.

Bagaimana memulainya dan cara mengenali peluang saat peluang itu sendiri ada di depan mata? Simak 5 caranya berikut ini.

 Baca juga: Simak 5 Konsep Dasar saat Memulai Bisnis

1. Susun rencana

 

Buatlah sebuah visi dari apa yang ingin dicapai lalu kembangkan sebuah rencana untuk mengubah visi tersebut menjadi kenyataan. Tidak bisa menentukan apakah sebuah peluang harus dimanfaatkan atau dibiarkan lewat jika tidak punya konteks dalam memahami apakah peluang tersebut sesuai dengan tujuan awal. Menyusun rencana akan memberikan sebuah kerangka kerja dalam mengambil keputusan.

 Baca juga: 7 Cara Ciptakan Peluang Bisnis Baru, yang Penting Jangan Takut

2. Biasakan diri untuk menetapkan pilihan

Bergerak maju berarti menangkap sebagian peluang dan membiarkan yang lain lewat. Para pengusaha memiliki banyak ide bagus tentang bagaimana meningkatkan bisnis, dan kehidupan ini akan terus menyajikan berbagai prospek yang menggoda.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Ingat, solusi yang sempurna tidak akan pernah ada

Gagal bertindak karena menunggu kesempatan atau waktu yang sempurna. Hidup ini tidak menawarkan kesempurnaan, hanya kesempatan. Mencari kemampuan merupakan suatu cara untuk menghindari keharusan menentukan pilihan.

4. Keluarlah dari zona nyaman

Memang, pasti ada perasaan nyaman dengan apa yang dilakukan sekarang, tetapi jika hal itu tidak bisa memberikan hasil sepertu yang diinginkan, maka harus mengubahnya. Perubahan selalu menyakitkan.

5. Buatlah komitmen

Biasakan untuk berkata tidak. Biasakan untuk berkata ya. Tetapi apa pun yang dilakukan, lakukan dengan komitmen dan keyakinan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini