Share

Penceramah Positif Corona, Gugus Tugas Mendata Para Jamaah

Putra Ramadhani Astyawan , Okezone · Jum'at 07 Agustus 2020 23:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 338 2258843 penceramah-positif-corona-gugus-tugas-mendata-para-jamaahnya-wPo7OXVzh1.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)
A A A

BOGOR - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Bogor Dedie A. Rachim mengatakan penularan Covid-19 di wilayahnya masih terus terjadi. Hal itu menyusul kasus baru seorang penceramah agama terkonfirmasi positif virus corona.

"Ini tidak memandang bulu mau siapapun, jadi saya imbau kepada masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah pelonggaran PSBB ini," kata Dedie, kepada wartawan, Jumat (7/8/2020).

Dedie meminta tim deteksi Covid-19 wilayah untuk segera melakukan pemetaan dibantu dengan tim surveilance dari Puskesmas terhadap mereka yang kontak erat dengan pasien. Mulai dari pihak keluarga hingga mendata jamaah yang bersangkutan.

"Kami meminta tim deteksi Covid-19 wilayah betul-betul dapat mendata jamaah yang bersangkutan.Kita juga akan terus berusaha melacak sumber penularan, dan siapa saja yang berisiko tertular," tegasnya

Dengan adanya kasus tersebut, tambah Dedie, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Tidak hanya di tempat umum, juga di tempat peribadahan.

"Kami juga minta semuanya, baik tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan orang-orang dengan mobilitas tinggi untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas. Karena belum ada vaksinnya, jadi saya minta agar semuanya senantiasa mencegah dan meminimalisir penularan dengan protokol kesehatan," ungkap Dedie.

Baca Juga : Mendagri Tito : Masker Efektif Menekan Penyebaran Covid-19

Seperti diketahui, seorang penceramah warga Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogot Barat, Kota Bogor positif Covid-19. Mulanya, pasiem tersebut mengalami sakit dengan gejala mirip virus corona hingga akhinya dilakukan tes swab pada awal Agustus 2020.

Hasil tracking sementara, terdapat 21 orang yang melakukan kontak erat dengan pasien dan sudah menjalani tes swab. Belum diketahui pasti kapan dan dimana pasien tersebut bisa terpapar Covid-19.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini