Share

Temukan Batu Mulia Langka, Penambang Kecil Mendadak Jadi Miliarder

Jum'at 07 Agustus 2020 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 612 2258742 temukan-batu-mulia-langka-penambang-kecil-mendadak-jadi-miliarder-Nh44YgatGH.jpg Batu mulia (Foto: Pinterest)
A A A

Seorang penambang kecil mendadak menjadi miliarder setelah menjual batu mulia Tanzanite terbesar dalam sejarah industri pertambangan Tanzania. Penambang bernama Laizer Saniniu mengatakan, dia optimistis bisa mendapat temuan besar lagi pada masa mendatang.

Saniniu sudah berkecimpung dalam bisnis pertambangan selama lebih dari 15 tahun dan mengaku inilah pertama kalinya dia menemui keberuntungan.

Meski banyak orang terinspirasi padanya, dan banyak pula yang iri, dia mewanti-wanti bahwa bisnis pertambangan tidak semudah yang orang awam pikirkan.

 penambang

"Sangat mahal mengoperasikan tambang-tambang. Acap kali kami berutang. Kali lainnya terpaksa kami, sesama para penambang berskala kecil, patungan," ujarnya.

Seperti dilansir dari BBC, uang penjualan Tanzanite yang diperolehnya diputarkan ke bisnis-bisnis lain, seperti membangun mal. Dia juga menggunakan sebagian kekayaannya untuk membangun sekolah dan gereja di komunitasnya.

"Anak-anak petani dan peternak sering kali tidak bersekolah karena sekolah kadang terlalu jauh dan anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya merawat hewan-hewan ternak," katanya.

Baru-baru ini, Saniniu kembali menemukan batu langka Tanzanite dan menjualnya seharga Rp29 miliar. Temuan batu Tanzanite ketiga itu memiliki berat 6,3 kg.

Sebelumnya, pada Juni lalu, dia menjadi miliarder dalam semalam setelah menjual dua batu mulia langka Tanzanite senilai Rp42 miliar.

 Baca juga: The Connell Twins Viral, Psikolog Sentil Influencer Penebar Hal Negatif

Tanzanite hanya ditemukan di Tanzania utara dan digunakan untuk membuat ornamen. Batu itu adalah salah satu batu mulia paling langka di Bumi. Bahkan, seorang ahli geologi setempat memperkirakan pasokannya mungkin habis dalam 20 tahun ke depan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Daya tarik batu mulia terletak pada ragam warnanya, termasuk hijau, merah, ungu dan biru.

Nilai batu mulia terlangka itu ditentukan oleh kelangkaan. Semakin halus warna atau kejernihannya, semakin tinggi harganya.

Setelah berhasil menjual batu mulia ketiganya beberapa hari lalu, Saniniu menjelaskan, uang dari hasil penjualan itu akan digunakan untuk membangun sekolah dan fasilitas kesehatan di distrik Simanjiro di utara Manyara.

Keberuntungannya dua bulan lalu, terang Saniniu, tidak akan mengubah gaya hidupnya. Dia mengaku akan terus memelihara sapinya yang berjumlah 2.000.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini